Waspadai OTG, Terlihat Sehat Tapi Membawa Virus Corona

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Sebagian orang yang datang dari daerah zona merah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terlihat sehat dan tidak seperti sedang sakit, batuk atau demam seperti gejala Corona pada umumnya.

Read More

Namun, ternyata para pembawa virus ini bisa juga tanpa gejala atau dikenal dengan istilah orang tanpa gejala (OTG). Orang ini merupakan Orang Dengan Risiko (OTR) pembawa virus Corona.

Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa menyebutkan, jumlah OTG di Babel yang dipantau sejauh ini mengalami peningkatan.

“Data terakhir yang di-update pukul 18.00 wib, jumlah OTG di Babel 210 orang. Mereka ini terlihat sehat, tetapi kita pantau karena riwayat perjalanan maupun pernah kontak dengan pasien positif,” kata Mikron, Senin (6/4/2020).

Dia menjelaskan, OTG ini merupakan orang atau carier yang dalam kondisi sehat, tanpa menunjukkan gejala-gejala terdampak Covid-19, tetapi wajib mengikuti pemeriksaan deteksi dini. Setelah dideteksi dini dengan Rapid Test, akan diketahui hasilnya, baik positif atau negatif.

“Jika positif, harus menjalani pemeriksaan metode PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah metode pengujian yang diawali dengan mengambil sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut atau hidung. Setelahnya, akan dilakukan serangkaian tes pada sampel swab tersebut,” jelasnya.

Dengan metode ini, lanjut Mikron, dapat terlihat ada atau tidaknya DNA virus corona pada sampel tersebut. Jika hasilnya positif, akan dikarantina petugas kesehatan, sehingga benar-benar dapat memulihkan kesehatannya.

“Apabila hasilnya negatif kita imbau mereka mengkarantina diri secara mandiri dengan tetap menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup bersih dan sehat, menjaga jarak, tidak keluar rumah,” katanya.

Dia meminta, kesadaran masyarakat baik berstatus OTG, ODP untuk sementara waktu bisa berdiam diri di rumah, agar penyebaran Covid-19 ini tidak meluas.

“Untuk jumlah ODP, tercatat sebanyak 669 orang dan PDP 36 orang. Sementara kasus terkonfirmasi positif masih tetap dua orang, satu menjalani perawatan dan satu orang meninggal dunia,”kata Mikron.(nov)

JustForex

Related posts