Walikota Harusnya Ajak Dewan Ngopi

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan daerah pemilihan (Dapil) Kota Pangkalpinang Nico Plamonia Utama mengharapkan agar Wali Kota Pangkalpinang pro aktif menyikapi berbagai aspek persoalan yang terjadi di Pangkalpinang.

Read More

Hal itu disampaikan Nico menanggapi keluhan masyarakat, disela-sela reses masa sidang I Anggota DPRD Babel tahun 2020, di Kedai Pawon Bambu, Selasa (21/1/2020).

“Kami tidak tahu bagaimana Daba Pangkalpinang, walikota harusnya bisa ngajak anggota dewan Pangkalpinang ngopi. Kami anggap tidak diminta berarti udah cukup,” kata Nico.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Babel itu menambahkan, seluruh elemen masyarakat dan Pemda dapat menyampaikan persoalan dan kendala-kendala yang ada di Pangkalpinang. “Sampaikan kepada kami, agar sama-sama kita perjuangkan,” imbuhnya.

Seperti persoalan banjir di Pangkalpinang, tentunya tidak dapat diselesaikan oleh Pemkot Pangkalpinang saja namun diatasi bersama.

“Kemudian soal DAS (Daerah Aliran Sungai), persoalannya ada kewenangan pusat juga, daerah tidak bisa sewenang-wenang mengambil alih. Pangkalpinang tak punya duit atasi banjir. Selain itu, resapan air juga berkurang. Sekarang jalan sudah lebar, saluran kecil,” tuturnya.

Diakhir reses, ia menyampaikan kepada konsituen agar dapat menyampaikan persoalan apapun agar dapat diperjuangkan di DPRD Babel.

“Dan kami di Fraksi Demokrat selalu membuka diri dan juga sebagai fraksi tempat masyarakat ngopi,” tandasnya.

Jalankan Reses
Disisi lain, Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya mengimbau kepada seluruh anggotanya untuk dapat menjalankan reses secara benar dan baik, dalam rangka menyerap aspirasi konstituennya di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

“Saya minta, tolong jalankan resesnya dengan sebenar-benarnya dan secara baik. Baik itu administrasinya dan juga pertanggungjawabannya,” kata Didit kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Dan paling utama, kata Didit, adalah menindaklanjuti apa yang menjadi keluh kesah masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. “Jadi jangan sekedar menyerap saja, tapi follow up. Apa saja yang dikeluhkan masyarakat saat ini. Jangan ditampung-tampung, nanti tempat tampungnya bocor, bahaya,” sindirnya.

Untuk itu ia meminta para anggotanya dapat serius melaksanakan apa yang diamanatkan Undang-undang. “Tak ada alasan untuk dewan tidak serius, harus serius, apalagi ini menyangkut aspirasi hasil reses ini,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, sebanyak 45 anggota DPRD Babel mulai memasuki reses triwulan pertama 2020 sejak Senin (20/1/2020) hingga empat hari ke depan.

Sekretaris DPRD Babel Syaifuddin menjelaskan, bahwa reses merupakan amanat Undang-undang. Dan pihaknya pun sudah memfasilitasi sejumlah anggaran untuk keperluan reses para anggota dewan untuk bertemu konstituennya di masing-masing dapil.

“Ini agenda rutin setiap tahunnya. Tahun ini anggarannya Rp7 miliar, namun dibagi tiga kali reses. Hasil reses nantinya menghasilkan pokok pikiran yang akan dimasukan di Musrembang pemerintah daerah,” ujarnya belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi. Dirinya mengungkapkan dalam reses ini berbarengan dengan Musrenbang yang dilaksanakan oleh desa dan pemerintah kabupaten/kota guna mencari pokok pemikiran dari masyarakat yang disampaikan melalui DPRD.

“Untuk tahap awal reses untuk menyerap aspirasi secara terstruktur, mana keinginan masyarakat untuk di prioritaskan, bukan pada Musrembang saja, terkait program yang sudah direncanakan diawal tahun, tentunya dengan melihat dilapangan bagaimana perkembangan dan kondisi riil apa yang dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.

Dalam menampung aspirasi masyarakat ini, diakui dia, tidak mungkin semua keinginan masyarakat dapat dikabulkan dari reses. Namun lanjut dia, hal ini akan menjadi pemikiran dan pertimbangan DPRD Babel agar dapat disandingkan mana keinginan yang menjadi prioritas dan tidak menjadi prioritas.

“Setiap empat bulan melakukan reses, melihat kondisi ini wajib dilakukan terutama banyak anggota DPRD yang baru,” tukasnya. (ron/6)

Related posts