UMKM Disarankan Jualan Online

  • Whatsapp

PANGKALPINANG– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Elfiyena mengatakan mengantisipasi penyebaran Covid-19, pelaku UMKM disarankan untuk berjualan secara online dengan tidak mangkal di tempat terbuka.

Read More

“Kita harus bisa ambil hikmah dari wabah Covid-19 ini, beralihlah ke jualan online, manfaatkan teknologi untuk memasarkan produk, apalagi kan masyarakat banyak yang dirumah, mereka cenderung memilih produk yang siap antar,” kata Elfiyena, Senin (23/3/2020).

Dinas Koperasi dan UMKM Babel, lanjutnya, melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) akan memberikan bantuan kemudahan pelatihan bagi UMKM untuk berjualan online.

“Yang belum online, kami membantu UMKM binaan membuat akun di forum jual beli melalui PLUT selain pendampingan online, kita arahkan membantu agar dapat masuk di akun tersebut,” ulasnya.

Disinggung bantuan dari pemerintah, dia menyebutkan, memang ada wacana, namun belum dipastikan. Dia berharap UMKM tidak semata mengharapkan dana stimulus, tetapi berupaya mengambil kesempatan dan peluang yang ada untuk bertahan dan eksis.

“Maunya pak gub ada rencana bantuan, misalnya pelatihan dan lainnya, dari kementerian infonya juga ada, tapi belum tahu bagaimana sistemnya,” terangnya.

“Kami mengimbau, selagi ada peluang yang bisa dimanfaatkan, ya dimanfaatkan, apa saja, karena wabah ini bukan satu dua Minggu, kemungkinan bisa berbulan-bulan, makanya, kita arahkan ke jualan online,” tandasnya.

Untuk pengantaran produk online, bisa memanfaatkan ojek online, sehingga pelaku UMKM tidak menjajakan produknya kemana-mana.

“Mudah-mudahan ada solusinya, yang penting kita tetap berusaha, mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat,” katanya.

Diakui Elfiyena, saat ini memang sudah mulai ada pelaku UMKM yang mengeluh, baik karena biaya produksi yang meningkat karena bahan baku meningkat, maupun pembeli yang berkurang.

“Tapi kalau untuk produk herbal, seperti madu dan minuman herbal itu meningkat tajam saat ini, pelaku UMKM juga harus bisa membaca peluang, apa yang dibutuhkan orang disaat-saat seperti ini,” tutupnya. (nov/10)

JustForex

Related posts