TP PKK Bangka Panen Sawi dan Kangkung

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan (ketiga dari kanan) panen kangkung di samping rumah dinas bupati, Selasa (10/3/2020). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT– Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka memanfaatkan lahan kosong di samping rumah dinas bupati dengan menanam tanaman berbagai jenis sayuran. Di lahan seluas kurang lebih 500 meter persegi tersebut ditanami sawi, kangkung, cabai hingga jeruk kunci.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan mengatakan pihaknya sudah beberapa kali memanfaatkan lahan tersebut dengan bercocok tanam.

Read More

“Sebelumnya kita pernah menanam jagung dan hasilnya lumayan, sampai dua ton lebih. Kali ini kita coba tanaman lain dan sekarang sudah bisa panen,” ungkap Yusmiati kepada wartawan, Selasa (10/3/2020).

Hasil panen kali ini, kata dia, rencananya akan dijual dan hasil dari penjualan tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli bibit baru dan ditanam di lahan yang sama.

Dia mengatakan program pemanfaatan lahan pekarangan yang dikelola oleh PKK Bangka serta Dinas Pangan Bangka itu dalam upaya memanfaatkan lahan pekarangan kosong agar bernilai produktif.

“Ini bagian dari program yang mengoptimalkan lahan kosong di sekitar pekarangan agar menjadi kebun hijau yang produktif sehingga dapat menambah nilai ekonomis bagi masyarakat,” tambahnya.

Istri dari Bupati Bangka Mulkan ini mengimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar pekarangan rumah sehingga dapat menambah penghasilan.

“Kalau memang ada lahan yang kosong mending kita manfaatkan untuk nanam sayuran-sayuran, apalagi kalau sawi kan lebih cepat karena 25 hari saja sudah panen, terus harga perkilonya juga lumayan,” imbaunya. (mla/10)

JustForex

Related posts