Terekam CCTV Bandara, Maling Rp 15 Juta Diringkus Polisi

  • Whatsapp

PANGKALAN BARU – Tidak butuh waktu lama bagi aparat kepolisian Polsek Pangkalan Baru untuk mengungkap kasus pencurian yang terjadi di parkiran Bandara Depati Amir pada Hari Senin lalu (2/1).

Rizki alias Dian (21) warga Jebus Bangka Barat wajahnya terekam CCTV Bandara, dan diamankan di jalanan Pangkalpinang pada Selasa malam kemarin (3/1).

Kejadiannya sendiri berawal saat korban, Danial (59) yang sedang mengantar keluarganya ke Bandara pada hari kejadian. Tidak ada yang mencurigakan pada hari itu, korban pun memarkirkan mobilnya seperti biasa di kawasan bandara. Di dalam mobil tersebut, korban meninggalkan tas yang berisi uang tunai sebesar Rp 15 juta.

“Awalnya memang korban ini meninggalkan uang tunai di dalam mobilnya. Ternyata, pelaku yang diduga mengetahuinya, melancarkan aksinya untuk mencuri,” terang Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi kepada wartawan kemarin (4/1).

Baca Lainnya

Pada saat itu, mobil Rizki sendiri sedang terparkir di belakang mobil korban. Aksi pelaku pun cukup leluasa lantaran kaca mobil korban terbuka. Melihat adanya kesempatan, tas berwarna hitam milik pelaku langsung diambil dan dibawa kabur oleh pelaku. “Setelah melancarkan aksinya, pelaku langsung melarikan diri keluar bandara,” tambah Kabag Ops.

Namun, apes bagi pelaku. Aksinya tersebut terekam cukup jelas oleh kamera CCTV bandara. Lewat alat bukti tersebut, polisi mulai melakukan penyelidikan. “Kita telusuri melalui rekaman CCTV dan memeriksa saksi-saksi hingga akhirnya kita temukan terduga pelakunya. Dari rekaman itu, ciri-ciri atau pun identitas pelaku kita dapatkan,” ujar Kabag Ops.

Aparat pun segera melakukan pencarian hingga ke kediaman pelaku. Namun, sayangnya pelaku saat itu tidak ada di rumahnya. Beruntung bagi polisi, saat kembali, mereka berpas-pasan dengan mobil pelaku. Polisi pun langsung mencegatnya dan melakukan penangkapan. “Kita juga ketahui kendaraan pelaku dari rekaman CCTV. Makanya, saat kita lihat kendaraan tersebut, kita langsung amankan,” tegas Kabag Ops.

Dalam pemeriksaan sementara ini, polisi berhasil mengamankan uang sebesar Rp 3,2 juta dan 1 unit mobil milik korban. Sedangkan untuk sisa uang curiannya masih dalam penelusuran yang diduga digunakan pelaku untuk keperluan pribadinya.

“Sampai saat ini kasusnya sedang ditangani Polsek Pangkalan Baru. Kita masih lakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan menelusuri kemana uang curiannya tersebut,” pungkas Kabag Ops. (das/7)

Related posts