Stok Tipis, DitPolair Suplai 25 Kantong Darah ke PMI Pangkalpinang

  • Whatsapp
DirPolair Polda Babel saat mendonorkan darahnya melalui petugas medis PMI Pangkalpinang.(foto: ist/dok.pmi pkp).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – Kepedulian terhadap semakin menipisnya stok darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) di tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), membuat jajaran kepolisian turun tangan.

Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah (DitPolair Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) misalnya, Kamis (9/4/2020) menggelar aksi donor darah khusus di jajarannya.

Read More

Dalam aksi peduli kemanusiaan yang di pimpin secara langsung DirPolair Babel, Kompes Pol Mochammad Zainul tersebut, DitPolair akhirnya berhasil menyuplai sebanyak 25 kantong darah dari total 37 pendonor yang disiapkan.

DirPolair mengatakan, kegiatan yang diikuti seluruh jajaran yang ada dibawahnya itu, merupakan wujud dukungan nyata terhadap kebijakan Kapolri untuk membantu masyarakat yang memerlukan darah pada saat situasi merebaknya Covid-19 dan Demam Berdarah.

“Giat ini berdasarkan Telegram Kapolri tanggal 7 April 2020. Dalam telegram itu jelas disebutkan bahwa saat ini, PMI mengalami kekurangan persediaan darah. Sedangkan masyarakat saat ini sangat membutuhkan darah sebagai akibat merebaknya kasus demam berdarah,” kata DirPolair.

Pelaksanaan giat donor darah ini, ditekankan DirPolair, tetap memedomani protokol kesehatan yang berlaku dan memperhatikan penerapan social distancing dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Hasil donor darah personel DirPolair ini kami salurkan ke PMI Kota Pangkal pinang, untuk selanjutnya di distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar DirPol Air.

Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono menyebutkan, dengan adanya suplai darah dari personel DitPolair Polda Babel ini, tentu akan menambah persediaan darah di UTD/UDD PMI Pangkalpinang.

“Saat ini, jumlah persediaan darah di UDD Pangkalpinang hingga 10 April 2020 Pukul 07.05 Wib, untuk golongan darah A (sel darah lengkap) sebanyak 16 kantong, golongan darah A (sel darah pekat) sebanyak 5 kantong; golongan darah B (sel darah lengkap) sebanyak 16 kantong, golongan darah B (sel darah pekat) sebanyak 93 kantong; golongan darah O (sel darah lengkap) sebanyak 16 kantong, golongan darah O (sel darah pekat) sebanyak 84 kantong; golongan darah AB (sel darah lengkap) sebanyak 5 kantong,” urai Wahyono.

Wahyono mengajak instansi-instansi baik vertikal, pemerintah daerah, swasta maupun organisasi kemasyarakatan yang belum menggelar kegiatan serupa namun telah tiba masa donornya, bisa melakukan hal serupa. “Kami mengucapkan terima kasih kepada DitPolair Polda Babel yang telah memberikan sumbangan darahnya untuk menambah persediaan darah di PMI Pangkalpinang,” ucap Wahyono. (rell/3).

JustForex

Related posts