SIM Expired, AKP Sriyadi: Tak Perlu Buat Baru

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Polres Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memberi kelonggaran perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) ditengah wabah Corona Virus Desease-19 (Covid-19) ini.

Pasalnya, pengendara yang SIM nya habis masa berlaku atau kadaluarsa, tidak perlu untuk membuat SIM baru.

Hal itu disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Sriyadi kepada rakyatpos.com di Satlantas Polres Pangkalpinang, Kamis (23/4/2020).

Baca Lainnya

“Tidak perlu buat SIM baru, masih bisa diperpanjang. Ini kebijakan dalam rangka pencegahan virus Corona,” terang Sriyadi.

Warga yang diberi kelonggaran, ia menjelaskan, untuk SIM yang expired nya 29 Febuari sampai dengan 29 Mei 2020 ini dan terlambat memperpanjang.

“Hal ini dimaksud sebagai dispensasi, agar tidak terjadi penumpukan di Satpas Polres Pangkalpinang di masa pandemi Covid-19 ini. Misalkan SIM nya mati di bulan April, bisa diperpanjang setelah itu, dan tidak perlu tes ulang dan juga tidak perlu membuat SIM baru. Meskipun sudah lewat tanggal 29 Mei juga bisa diperpanjang seperti biasa,” jelas Sriyadi.

Kasat Lantas menyebut bahwa biaya pengurusan SIM telah diatur dalam PP No 60/2016, untuk perpanjangan SIM A Rp80 ribu dan SIM B, SIM C Rp75 ribu dan Rp 70 ribu untuk SIM D.

“Biayanya sesuai PNBP perpanjangan SIM,” katanya.

Dalam setiap pengurusan SIM, pihaknya menerapkan protokol kesehatan baik dari pelayanan administrasi, pengambilan foto dan sidik jari, serta uji praktik.

“Pelayanan SIM belum disetop, kita tetap layani tapi dengan kewaspadaan. Kita siapkan langkah pencegahan menggunakan protokol kesehatan pencegahan virus Corona,” ulasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pencegahan virus Corona, diantaranya menyediakan bak dan sabun cuci tangan di depan Gedung Satpas Polres Pangkalpinang.

Selain itu, juga disediakan cairan disinfektan di pintu masuk, penggunaan masker, jaga jarak dan sebelum masuk suhu tubuh di cek terlebih dahulu. (bis)

Related posts