Sebelum Ikut UN, Siswa Wajib Cuci Tangan

  • Whatsapp
Siswa SMKN 1 Pangkalpinang tampak mencuci tangan sebelum memasuki ruangan UNBK, Senin (16/3/2020).(foto:Nurul Kurniasih)

PANGKALPINANG– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (16/3/2020) mulai dilaksanakan dengan 7.357 peserta. Namun, sebelum memasuki ruangan ujian, semua siswa diharuskan mencuci tangan dengan sabun dan disemprot dengan cairan khusus.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Babel, M. Soleh mengatakan sebelum masuk ke ruang ujian UNBK, siswa SMK se-Babel diwajibkan untuk mencuci tangan. Selain itu, lanjut Soleh seluruh perangkat komputer seperti mouse, keyboard, gagang pintu, kursi dan meja harus dibersihkan sebelum digunakan.

“Bukan setiap hari, tetapi itu harus di bersihkan setiap sesi pelaksanaan UNBK, ini sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim untuk antisipasi penyebaran virus corona di dunia pendidikan. Alhamdullilah UNBK hari pertama berjalan lancar,”kata Soleh.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Pangkalpinang, Kurnia menyebutkan, siswa di SMK negeri 1 yang mengikuti ujian sebanyak 280 siswa. Siswa yang akan memasuki ruang ujian, katanya, harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Lainnya

“Ujian terbagi dalam tiga sesi satu harinya dan sebelum masuk ke ruang ujian, mereka telebih dahulu mencuci tangan, kita sudah siapkan wadah pencuci tangan,” kata Kurnia.

Upaya ini, ditambahkan dia, sebagai protap untuk mencegah terhindar dari covid-19 karena untuk penyemprotan ke alat pendukung ujian, seperti mouse dan keyboard dikhawatirkan akan merusak peralatan tersebut dan hanya dibersihkan manual saja. (nov/10)

Related posts