Cyber Crime Masih Dalami Laporan Sekda

  • Whatsapp

*Undang Ahli Bahasa

PANGKALPINANG – Penyidik Subdit 2 Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hingga saat ini masih terus melakukan pendalaman terhadap laporan pengaduan Sekda Babel Naziarto dugaan berita hoaks.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Babel, Kombes Pol Haryo Sugihartono kepada rakyatpos.com, Rabu (5/8/2020).

“Untuk pengaduan Sekda yang ada, tetap kita lakukan pendalaman. Yang pasti, hak beliau selalu warga negara, tetap kita tampung,” ungkap Kombes Pol Haryo Sugihartono.

Baca Lainnya

Menurutnya, saat ini pengaduan orang nomor tiga di Pemprov Babel yang telah melaporkan oknum anggota DPRD Babel RT dengan dugaan telah menyebarkan berita bohong alias hoaks, kini telah memasuki proses penyelidikan (lid).

Selain oknum dewan, Sekda Naziarto juga melaporkan tiga orang lainnya yang dianggap telah ikut serta memproduksi, mendistribusikan berita tersebut.

“Sedang kita proses, jadi kita untuk menyeimbangkan atas pengaduan yang ada. Kemudian kita mintakan barang bukti yang ada, screenshot daripada yang ada di handphone beliau. Kita pelajari bahasa-bahasanya,” jelas Haryo.

Penyidik juga mengundang ahli bahasa untuk membantu mentelaah kalimat dari pemberitaan yang diduga hoaks dimuat di media online tersebut.

“Terlepas dari itu, karena ini pemberitaannya ada di media online yang notabenya, juga bagian dari sebuah berita. Kita juga meminta sharing kepada Dewan Pers sejauhmana permasalahan tersebut dikaitkan dengan pasal-pasal yang menjadikan bagian kode etik pers itu sendiri apakah memang itu bagian dari kode etik atau memang murni tindak pidana,” bebernya.

Lebih lanjut Dirreskrimsus menambahkan, pihaknya juga akan mengkonfirmasi pihak-pihak terkait untuk mengklarifikasi hal ini.

“Itu sudah kita sebar ke Dewan Pers. Yang pasti, dua orang yang kita mintakan pandangan sehingga bisa membantu kami untuk menterjemahkan terhadap barang bukti yang diberikan korban,” pungkas Haryo. (Bambang/ Rovi)

. (Budi Muridan/ Rovi)

Related posts