RS Eko Maulana Ali Disiapkan Jadi Rujukan Pasien Corona

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan

SUNGAILIAT– Pemerintah Kabupaten Bangka menyiapkan Rumah Sakit Eko Maulana Ali, Kecamatan Belinyu sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan wabah virus corona atau covid-19.

Rumah sakit itu akan dibangun ruang isolasi khusus bagi pasien suspect covid-19 dengan anggaran Rp1,5 miliar dari dana insentif daerah (DID).

Read More

“Kita akan segera bangun ruang isolasi khusus di Rumah Sakit Eko di Belinyu. Jadi nanti ini akan menjadi rumah sakit rujukan kita,” ungkap Bupati Bangka, Mulkan kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Dia menambahkan dipilihnya Rumah Sakit Eko Maulana Ali sebagai rumah sakit rujukan covid-19 berdasarkan hasil rapat dengan gugus tugas pencegahan penanganan wabah virus corona Kabupaten Bangka.

“Rumah sakit ini agak jauh dari pemukiman warga jadi cukup aman dan sesuai dengan rapat kita dengan gugus tugas,” tambahnya.

Selain itu, Mulkan juga mengatakan akan menyediakan segala perlengkapan medis di rumah sakit tersebut khusus untuk penanganan wabah virus corona.

“Semuanya kita siapkan khusus seperti mobilnya juga khusus jadi tidak dicampur dengan mobil ambulan umum,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangka, Then Suyanti mengatakan saat ini jika ada pasien yang suspect covid-19 maka akan dialihkan ke RSUP Soekarno.

“Jika ada warga kita yang terindikasi maka dirujuk dulu ke RSUP Soekarno, jika susah selesai isolasinya (RS Eko Maulana Ali Belinyu) maka baru kita alihkan kesana,” ungkapnya.

Meskipun begitu, untuk penanganan warga yang terindikasi terkena virus corona tetap akan ditangani oleh dokter dari RSUD Depati Bahrin Sungailiat yang akan terus berkoordinasi dengan pihak RSUP Soekarno. (mla/10)

JustForex

Related posts