Residivis YS yang Rampok Belasan HP Beraksi di Tujuh TKP

  • Whatsapp


RAKYATPOS.COM, KOBA – Tersangka YS (38) warga Kampung Jawa Kelurahan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan tindakan Pencurian dengan Pemberatan (Curat) di tujuh Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Pria yang berstatus residivis tersebut berhasil merampok 13 unit Handphone (HP) beragam merk yakni iPhone, Oppo, Xiomi, Nokia, Samsung, dan Vivo.

Aksi YS pun terhenti setelah tindakannya digagalkan Tim Tupai Buru Sergap Satreskrim Polres Bangka Tengah di Jalan Raya Pangkal Balam Kota Pangkalpinang berawal dari laporan polisi dari pelapor berinisial PT (21) tertanggal 2 Juli 2020 Nomor: LP/B-194/VII/2020/SPKT/RES/Bateng.

Yang bersangkutan (PT) melapor karena kehilangan iPhone X warna silver dan satu unit Oppo warna hitam dirumahnya. Akhirnya warga Jalan Senang Hati Kelurahan Koba itu pun mendatangi SPKT untuk melaporkan tersangka.

Baca Lainnya

Hasil tangkapan petugas berupa tersangka YS dan barang bukti 13 unit HP beserta kotaknya serta satu unit kotak amal. Barang bukti digelar dalam giat press release dihalaman Mapolres Bangka Tengah, Senin (13/07/2020).

“YS yang merupakan pencuri spesialis HP di kediaman dan rumah korban. Keberhasilan ini setelah ada pengaduan dari pelapor berinisial PT karena keberatan kehilangan satu unit iPhone warna silver dan satu unit Oppo tanggal 2 Juli 2020 lalu. Menindaklanjuti laporan pelapor, Tim Tupai Satreskrim Polres Bangka Tengah bergerak dan akhirnya berhasil menangkap YS yang saat ini ada dihadapan wartawan,” ujar Kapolres Bangka Tengah AKBP. Slamet Ady Purnomo didampingi Kabag Ops AKP. Yudha Wicaksono dan Kasat Reskrim Iptu Mulya Sugiarto disela-sela kegiatan Press Release kasus Curat, Senin (13/07/2020).

Dikatakannya, penyelidikan Tim Tupai Polres Bangka Tengah itu mendapatkan informasi dari transaksi HP yang ditawari kepada M yang merupakan rekan bisnis tersangka sekaligus penadah di grup jual beli online.

Dari informasi tersebut petugas melakukan interogasi kepada yang bersangkutan bahwa telah membeli di salah satu HP dari M diforum jual beli dengan mencocokkan nomor seri dan hasilnya cocok dengan HP yang dirampok tersangka.

“Proses penangkapan berawal dari jual beli M yang bertransaksi via online. M yang saat ini masih didalami petugas tertangkap pertama kali oleh petugas,” kata Kapolres.

Ia menyebutkan, tersangka YS merupakan residivis karena sudah melakukan pencurian di tempat lain, namun rata-rata di wilayah Koba. Sebelum beraksi di 7 TKP ini, YS sudah pernah beraksi sebelumnya masih dalam wilayah hukum Polres Bangka Tengah dan sudah lima kali masuk penjara termasuk yang ini. YS dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara,” tuturnya. (ran).

Related posts