Rekonstruksi 44 Adegan, Muhamad Icha ‘Dalang Demo’ Kantor Gubernur Ricuh?

  • Whatsapp
Rekonstruksi Kasus- Satuan Reserse Kriminal Polres Pangkalpinang pada Selasa (1/12/2020) menggelar rekonstruksi atau reka ulang kasus pembakaran yang terjadi saat aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Babel. Sebanyak 44 adegan diperagakan para tersangka dalam rekonstruksi ini. (foto: Untung)

 

RAKYATPOS.COM,PANGKALPINANG – Satuan Reserse Kriminal Polres Pangkalpinang menggelar rekonstruksi atau reka ulang kasus pembakaran yang terjadi saat aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Bangka Belitung (Babel). Rekonstruksi dilaksanakan di lima tempat berbeda di Kota Pangkalpinang, Selasa (1/12/2020).

Read More

Lima lokasi tersebut yakni Bandara Depati Amir, Hotel Soll Marina, Kafe Laterase dan Alun-Alun Taman Merdeka dan halaman Kantor Gubernur Babel. Enam tersangka dihadirkan dalam rekonstruksi ini yakni Rizqi Khulafahu Shiqi Ketua HMI Babel, Khoirussoleh, Febi Andika Sahril, Mufti Azmi Miladi, Irwan Sunandar dan Deni Iskandar.

Pantauan Rakyat Pos, saat rekonstruksi di depan Kantor Gubernur Babel, keenam tersangka memperagakan 44 adegan yang disaksikan oleh saksi dari Satpol PP Provinsi Babel. Turut mendampingi penasehat hukum tersangka. Menggunakan kaos tahanan dan tangan diborgol para tersangka memperagakan satu persatu adegan dengan salah satu adegan yang nyaris membakar tubuh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah.

Sebelumnya, pada adegan pertama massa dari Jakarta tiba di Bandara Depati Amir dan dijemput oleh orang tidak dikenal dengan kendaraan mini bus dan diantara ke Hotel Soll Marina dan selanjutnya, para tersangka ini beristirahat di hotel tersebut. Pada adegan selanjutnya, para tersangka melakukan pertemuan di Laterase Cafe, untuk membicarakan aksi damai yang akan digelar di halaman Kantor Gubernur Babel, pada Rabu 4 November 2020.

Kericuhan terjadi, berawal dari salah satu peserta aksi bernama Khoirussoleh melempar bensin dan selanjutnya diikuti oleh Deni Iskandar yang menyalakan korek api serta membakar kertas putih. Diketahui dalam aksi tersebut, para pelaku sudah menyiapkan BBM jenis pertalite dengan cara membeli dan menyimpannya di dalam mobil komando jenis pikap.

Terpisah Kaur Bin OPS (KBO) Polres Pangkalpinang, Ipda Imam Setiawan seizin Kapolres Pangkalpinang AKBP Tris Lesmana Zeviansyahmengatakan rekonstruksi digelar untuk melengkapi berkas perkara dan dia menyebutkan, berkas akan dikirimkan ke kejaksaan dalam waktu dekat.

Related posts