Proprofs Quiz Maker, Tes Pembelajaran Berbonus Sertifikat Kelulusan

  • Whatsapp

Keunggulan tes pembelajaran yang ditawarkan oleh aplikasi tes secara online  membuat guru era 4.0 mulai beralih menggunakan aplikasi tes daring. Penggunaan aplikasi tes berbasis infrastruktur internet ini, bukan semata-mata karena saat ini, kita berada pada masa Pandemi Covid-19, tetapi juga karena berbagai kelebihan yang tidak didapatkan ketika melakukan tes pembelajaran secara konvensional seperti jangkauan yang tak terbatas, penilaian tes pembelajaran otomatis tanpa koreksi manual, relatif hemat karena paperless, soal dan jawaban dapat diacak sehingga urutan soal dan jawaban menjadi berbeda antar siswa satu dengan lainnya, dan pengalaman mengikti tes pembelajaran yang berbeda dari biasanya.

Platform penyedia tes secara online pun satu persatu bermunculan. Selain kelebihan di atas yang dimiliki semua aplikasi tes daring, masing-masing juga  menawarkan fitur-fitur unggulan. Salah satu di antara yang terbaik adalah Proprofs Quiz Maker. Produk tes daring besutan Sameer Bhatia  yang didirikan pada tahun 2010 di  Los Angeles, California, Amerika  ini, menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan. Dua diantaranya adalah fitur sertifikat hasil tes dan fitur laporan hasil tes belajar berformat PDF yang bisa langsung diunduh maupun di cetak. Penasaran dengan Proprofs Quiz Maker?

Tulisan penulis kali ini akan membahas cara penggunaan beserta pengalaman penulis menggunakan proorofs quiz maker pada tes pembelajaran mata pelajaran yang saya ampu yaitu Kimia dan produktif Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikuultura (ATPH). Yuk simak ulasan penulis.

Baca Lainnya

Kemajuan zaman mengubah banyak hal dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk dalam ranah tes pembelajaran. Jika dulu guru terbiasa melakukan evaluasi sumatif dan evaluasi formatif secara konvensional dengan membagikan kertas dan lembaran soal, maka kini guru mulai menggemari aplikasi tes yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Hingga akhirnya istilah “paperless assessment” atau tes tanpa kertas pun mulai dikenal dibidang pendidikan dan pengajaran.

Demikian pula halnya dengan penulis. Sejak tes yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi marak digunakan oleh guru, penulis pun perlahan mulai beralih dengan lebih banyak melakukan tes pembelajaran melalui aplikasi tes daring ini. Rincian alasan utamanya sudah penulis jabarkan di atas. Ya, jika dirangkum menjadi 2 kata tentu kata efektif dan efisien mewakili alasan penggunaan aplikasi tes secara online ini. Terlebih sebagai guru yang mengajar di banyak kelas dan banyak mata pelajaran. Bisa dibayangkan jika harus mengoreksi dan memberi nilai lembar jawaban yang sangat banyak, misalnya tentu selain repot juga akan menghabiskan banyak waktu karena dilakukan secara manual.

Selain itu, penggunaan tes pembelajaran secara daring juga penulis nilai menguntungkan dari sisi siswa, mereka jadi familiar dengan tes yang dilakukan secara online. Ini bisa menjadikan bekal skill mereka jika suatu saat mereka melakukan tes semacam ini. Entah itu tes online saat melamar pekerjaan maupun saat melanjutkan studi.

Sejak jatuh cinta pada aplikasi tes daring, penulis pun mulai mencoba beberapa aplikasi tes daring untuk digunakan hampir di setiap tahapan kegiatan belajar mengajar yang penulis lakukan bersama siswa, seperti sebagai pretest saat apersepsi pembelajaran, selingan pada kegiatan inti belajar, sebagai kegiatan penutup di akhir kegiatan pembelajaran,  sebagai pekerjaan rumah, bahkan juga penulis gunakan sebagai alat evaluasi sumatif. Dari hasil coba mencoba, akhirnya penulis berkenalan dengan Proprofs Quiz Maker yang merupakan aplikasi tes daring yang sudah eksis sejak sepuluh tahun lalu.

 

Apa itu Proprofs Quiz Maker

Berdasarkan laman resmi Proprofs Quiz Maker di website officialnya, penulis pun jadi tahu bahwa Proprofs Quiz Maker adalah web based application quiz maker yang dapat menggunakannya secara gratis dengan cara registrasi terlebih dahulu. Web based application quiz maker proprofs ini, menawarkan dua pilihan tes yaitu scored quiz yang mana terdapat pilihan jawaban benar dan salah dengan hasil akhir menampilkan perolehan nilai dari soal yang berhasil dijawab dengan benar dan personality quiz yang merupakan tes kepribadian dengan hasil akhir berupa kesimpulan seperti tes psikologi umumnya. Fasilitas personality quiz yang ditawarkan oleh Proprofs Quiz Maker cocok digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling (BK). Penulis menggunakan fasilitas scored quiz karena kapasitas penulis sebagi guru mata pelajaran dimana nilai dari tiap-tiap pokok bahasan merupakan suatu keniscayaan.

Untuk menggunakan layanan Aplikasi Daring Proprofs Quiz Maker caranya pun cukup mudah. Yang penting kita harus sudah teregistrasi terlebih dahulu didatabase mereka dengan cara klik menu “Sign Up Free/Daftar Gratis” kemudian pengunjung ditawarkan lima pilihan cara mendaftar, melalui akun google, akun facebook, akun twitter, akun linkedln, akun microsoft, atau secara manual mengisi data email dan lain-lain. Tentu opsi meregistrasi yang banyak dipilih pengunjung adalah mendaftar melalui akun google, karena cukup simpel hanya dengan langkah login pada akun google dan fasilitas dari Proprofs Quiz Maker siap digunakan.

Membuat tes pembelajaran dengan cara memilih menu Quiz (create tests and assesments), kemudian pilih menu Create A Quiz. Terdapat dua pilihan di sana, yaitu Scored Quiz dan Personality Quiz, penulis memilih Scored Quiz karena penulis adalah guru mata pelajaran, kemudian masukan judul dan penjelasan dari quiz yang akan kita buat.

Selanjutnya, kita beralih ke Add Question, di sana ada 6 pilihan bentuk quiz yang akan kita buat, yaitu: Multiple Choice (pilihan ganda), Checkboxes, True/False (benar salah), Fill in the blanks (isian singkat), Essay Type (soal essay), dan Matching (menjodohkan). Setelah kita memilih bentuk quiz, selanjutnya adalah tinggal memasukkan item-item soal dan pilihan jawabannya (untuk soal bentuk pilihan ganda) jangan lupa untuk memberi tanda kunci jawaban. Lalu save, dan quiz dapat kita tempelkan pada blog pribadi melalui fasilitas embed. Jika kita belum/tidak mempunyai blog, quiz kita tetap dapat kita gunakan untuk penilaian dengan memanfaatkan link yang tersedia untuk dibagikan ke siswa. Link quiz yang telah kita buat dapat di lihat pada menu My Quizzes atau link dapat juga kita share lewat sosial media seperti facebook dan twitter.

Kemudian, untuk melihat nilai dari masing-masing siswa yang mengakses quiz, dapat kita lihat pada menu My Quzzes pilih Report and Attempts. Fasilitas inilah yang akan mempermudah pekerjaan guru karena guru dapat langsung mendapatkan hasilnya. Kelemahan dari quiz online ini adalah pada pelaksanaannya, jika pelaksanaan quiz dilakukan di tempat siswa masing-masing, maka terdapat kemungkinan adanya bantuan dari orang lain untuk menjawab soal atau bahkan siswa dapat juga menggunakan jasa orang lain untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan cara pelaksanaan quiz secara terpusat (di kelas atau lab sekolah misalnya) sehingga didapat hasil quiz yang lebih jujur dan kredibel.

Nah, itu dia ulasan dari pengalaman yang penulis dapatkan selama menggunakan aplikasi daring Proprofs Quiz Maker baik untuk mata pelajaran kimia maupun untuk produktif Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikuultura (ATPH), paperless assessment banyak membantu penulis dalam melakukan tes belajar daring, terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini. Karena keunggulan dan kemudahan penggunaannya, penulis juga menawarkan aplikasi daring Proprofs Quiz Maker kepada rekan-rekan penulis di SMK Negeri 1 Mendo Barat.

Di sisi siswa, banyak yang berkomentar tes belajar menjadi menyenangkan ketika memanfaatkan aplikasi daring Proprofs Quiz Maker. Komentar siswa seperti ini tentu saja lumrah, karena mereka memang dilahirkan sebagai generasi melek teknologi digital, sehingga sebagai guru era teknologi digital, penulis terus mencari strategi pembelajaran sesuai dengan karakter siswa tersebut karena penulis percaya belajar dan tes yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran seharusnya merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan membebankan.(***).

Related posts