PGRI Sebagai Wadah Silaturahmi dan Komunikasi Para Guru

  • Whatsapp
Penulis: AGUS JAELANI, S.Pd
Ketua PGRI Kecamatan Riau Silip, Bangka, Babel

Persatuan Guru Republik Indonesia yang kemudian di singkat  PGRI lahir dari hasil Kongres Pendidik Bangsa (Kongres I) pada tanggal 24-25 November 1945  di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kongres  yang berlangsung  100 hari setelah Indonesia merdeka ini melahirkan Persatuan Guru Republik Indonesia dikenal sebagai PGRI yang bertujuan memperjuangkan kepentingan kaum  guru serta menegakkan dan  mempertahan kemerdekan  Indonesia.

Kemudian di tahun 1994 Presiden Suharto yang pada saat itu, menjabat sebagai Presiden RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 78 Tahun 1994 untuk menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Penetapan hari guru nasional ini  merupakan hasil perjuangan PGRI  yang gigih, sistematis dan komprehensif  bagi seluruh guru. Dari situlah akhirnya tanggal 25 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Read More

Tahun 2020 ini, kita akan  memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI (HUT PGRI) yang ke-75, tentu saja usia yang tidak muda lagi bagi PGRI. Di usia yang sudah lebih dari setengah abad seharusnya PGRI sudah menikmati hasil-hasil perjuangannya dan menjadi hari-hari yang membahagiakan bagi PGRI, akan tetapi justru bisa menjadi kegagalan di masa tua jika anggota PGRI  terlena dan hanya menunggu serta sudah merasa  puas dengan  keberhasilan  dimasa lalu tanpa merenung dan belajar dari kegagalan di masa lalu. Dari  situlah  kita sebagai guru dan sebagai anggota PGRI dapat mengambil pembelajaran dari apa yang pernah terjadi di masa lalu, ambil sisi baiknya dan buang jauh sisi buruknya.

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun ini, mungkin akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena negara kita sedang dilanda bencana dengan adanya Covid-19  sejak awah tahun 2020. Jika di tahun sebelumnya peringatan Hari Guru Nasional akan di peringati dengan suka cita, semangat dan antusias para guru untuk merayakan hari yang bersejarah tersebut, tentu saja  pada saat itu ada banyak  rangkaian kegiatan, perlombaan dan pertandingan dari berbagai cabang olahraga maunpun seni, seminar tentang HGN dan PGRI  yang jauh-jauh hari sudah dipersiapkan oleh panitia masing-masing cabang olahraga maupun seni.

Related posts