Petani Jangan Fokus Satu Komoditi

  • Whatsapp
Kepala DPP Bangka, Elius Gani

SUNGAILIAT– Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kabupaten Bangka mengajak kepada para petani di daerah itu untuk tidak mengandalkan satu komoditi saja. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penurunan harga yang dapat merugikan petani.

Kepala DPP Bangka, Elius Gani kepada wartawan, Rabu (18/3/2020) mengatakan saat ini masih banyak petani yang hanya fokus bertanam satu komoditi saja. Dia menyarankan petani menanam cabai, sayur dan komoditi lainnya.

Read More

“Jika hanya satu komoditi saja karena jika harganya anjlok, petani juga akan rugi. Misalnya petani sahang (lada-red), mereka harus terima kalau harganya tidak sesuai dengan biaya perawatannya. Makanya kita anjurkan selain sahang, bisa juga diselingi menanam cabai, sayur dan sebagainya,” ungkap Elius.

Dia menambahkan seperti yang dialami oleh beberapa petani ubi kasesa yang ada di Kabupaten Bangka dimana saat ini masih kesulitan untuk mencari pembeli karena beberapa pabrik tutup.

“Pabrik ubi (yang ada-red) di kita ada tiga, satu di Pudingbesar, satu lagi di Desa Cit tapi sering rusak dan satu lagi di Kenanga namun untuk sekarang tutup sementara,” tambahnya.

Dengan tutupnya pabrik tapioka di Kenanga, ditambahkan dia, membuat petani ubi kasesa harus menjual ke pabrik yang ada di Pudingbesar.

“Sekarang cuma itu (pabrik di Puding-red) yang masih beroperasi, jadi mungkin nanti akan kewalahan juga. Petani juga mau tidak mau harus jual kesana karena ke Lampung pasti akan lebih murah karena dipotong biaya transportasi,” jelas Elius.

Untuk itu, ia meminta para petani harus pintar mencari komoditi yang lebih prospek kedepannya sehingga dapat membantu kesejahteraan para petani itu sendiri.

“Kami sifatnya hanya mensupport, tapi petani lebih tau komoditi apa yang punya prospek bagus. Intinya jangan cuma fokus satu komoditi saja,” tegasnya. (mla/10)

JustForex

Related posts