Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Pertama di Indonesia, Petugas PMI Ambil Darah Gunakan Motor Listrik

 

Pangkalpinang --- Di penghujung tahun 2020, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Babel), melakukan inovasi yang menjadi pioner di Indonesia, untuk pertama kalinya, petugas unit pelayanan darah palang merah Indonesia (PMI) mengambil darah menggunakan motor listrik.

PT. PLN UIW Babel, menghibahkan satu unit motor listrik kepada UDD PMI Kota Pangkalpinang, motor listrik ini juga dilengkapi box yang bisa menampung enam kantong darah.

Penggunaan motor listrik ini dinilai mampu meningkatkan layanan pengiriman kantong darah ke rumah sakit dan penderita thalassemia yang hidupnya tergantung dari tranfusi darah secara rutin.

Manager PLN UP3 Bangka, Candra Afeli mengatakan, bantuan ini merupakan merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung program kesehatan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara PMI dan PLN , sekaligus mewujudkan misi perusahaan sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat," katanya.

Ia menekankan, PMI juga bergerak dalam bidang sosial untuk kesehatan, diharapkan juga bisa menyumbang emisi ramah lingkungan dari motor listrik yang digunakan.

“Selain ramah lingkungan, kendaraan ini juga mampu menghemat biaya operasional” jelasnya.

Pada kesempatan itu, PMI Kota Pangkalpinang juga menyerahkan piagam penghargaan kepada PLN sebagai Mitra Kerja Terbaik PMI.

Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, yang juga Ketua PMI Kota Pangkalpinang, mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT. PLN, ia yang sempat mencoba motor listrik ini pun mengakui kehandalan motor yang tanpa bahan bakar tersebut.

“Tarikan mesinnya mulus dan hampir tanpa ada suara,” ujar Sopian. (nov/rls)

Diatas Footer
Light Dark