Perencanaan Sekolah Menuju Era “New Normal”

  • Whatsapp
Wawan Setiawan, M.Pd
Guru SMK Negeri 2 Koba, Bangka Tengah, Babel

Harap-harap cemas, mungkin itulah ungkapan yang layak disematkan kepada seluruh guru dan siswa menjelang dimulainya tahun ajaran baru 2020. Apalagi sempat beredar dengan masif isu yang menyebutkan bahwa sekolah akan dibuka kembali pada tanggal 13 Juli 2020. Tentunya isu tersebut sempat menuai pro dan kontra di kalangan Masyarakat, terutama para orang tua peserta didik yang sangat mengkhawatirkan kondisi anak-anak mereka. Apalagi di beberapa wilayah tertentu belum menunjukkan adanya penurunan angka pasien yang terinfeksi Covid-19 dan masih tergolong zona kuning bahkan zona merah.

Namun isu tersebut sudah diklarifikasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja secara teleconferensi dengan Komisi X DPR RI di Jakarta pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 seperti dikutip dari salah satu media online nasional tanggal 26 Mei 2020. Dalam kesempatan itu, Nadiem Makarim menjelaskan bahwa proses pembelajaran akan disesuaikan dengan kondisi dan status kesehatan masyarakat di wilayah masing-masing berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Read More

Dalam kesempatan lain yang dikutip dari laman salah satu media  online nasional tanggal 28 Mei 2020, Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud Muhammad Hamid mengatakan, memang benar ada beberapa sekolah yang akan kembali dibuka, karena sekolah-sekolah tersebut berada di wilayah zona hijau. Sedangkan wilayah yang tergolong zona kuning dan merah tetap melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan belajar mengajar di Sekolah akan kembali dibuka pada 13 Juli 2020 mendatang dengan melihat kondisi penyebaran Covid-19 saat ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsis Bangka Belitung, M. Soleh, media lokal babel tanggal 28 Mei 2020.

Bahkan Ia juga menegaskan, sebagian SMA dan SMK sudah ditetapkan untuk dilakukan uji coba kegiatan belajar mengajar masa pandemi Covid-19 pada tanggal 2 Juni 2020. Sekolah-sekolah tersebut ditetapkan dalam SK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 188.4/93/SK/DINDIK/2020 yang merupakan perwakilan dari setiap Kota Madya dan Kabupaten. Total ada tujuh sekolah yang awalnya dipilih yaitu SMA Negeri 3 Pangkalpinang, SMA Negeri 1 Pemali, SMK Negeri 1 Kelapa, SMK Negeri 2 Koba, SMA Negeri 1 Toboali, SMK Negeri 1 Tanjungpandan, dan SMA Negeri 1 Manggar.

Related posts