Pengelolaan Depo Arsip DKPUS Babel Dapat Pujian DPRD Beltim

  • Whatsapp
Anggota DPRD Beltim didampingi Kepala DKPUS bersama Kabid Pengelolan Arsip Statis dan Dinamis DKPUS Babel, melihat-lihat arsip foto sejarah di Depo Arsip DKPUS Babel.(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Meski masih dalam penataan awal, ternyata Depo Arsip milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) yang dikelola melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel, kini sudah menjadi perhatian sejumlah pihak.

Bahkan anggota DPRD Belitung Timur (Beltim) tak ragu-ragu melontarkan pujiannya terhadap pengelolaan Depo Arsip oleh DKPUS Pemprov Babel yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman atau tepatnya disamping Mapolres Kota Pangkalpinang itu.

Saat meninjau ruang Depo Arsip di DKPUS Babel, Jumat (10/7/2020), Wakil Ketua DPRD Beltim, Rohalba mengungkapkan kepada Kepala DKPUS Babel Dr Asyraf Suryadin dan sejumlah Pejabat Admnistrator DKPUS Babel, pihaknya akan meniru pola pengelolaan Depo Arsip yang dilakukan DKPUS Babel.

Menurutnya, apa yang dilakukan DKPUS sudah cukup bagus, walaupun masih diperlukan penataan tambahan. “Ini bagus. Apalagi didalamnya dibuat museum sejarah arsip. Dengan adanya museum sejarah arsip, akan menjadi daya tarik wisatawan. Kami berharap ke depan bisa menjadi objek wisata sejarah arsip,” harap Rohalba.

Baca Lainnya

Kepala DKPUS Babel, Dr Asyraf Suyadin menyambut baik adanya keinginan DPRD Beltim untuk “menduplikat” tata kelola depo arsip DKPUS Babel.

Dikatakan Asyraf, DKPUS Babel ke depan, memang telah merencanakan penataan lebih baik lagi terhadap depo arsip Babel ini, agar menjadi lebih baik lagi dari sekarang. Tapi, ini harus melihat kondisi keuangan daerah.

DKPUS Babel, ditambahkan Asyraf, akan terus melakukan pembenahan, meski kondisi saat masih dalam keterbatasan sarana prasarana penunjang.

Kabid Pengelolaan Arsip Statis dan Dinamis DKPUS Babe, Padli, S.IP menambahkan, pihaknya telah merancang bagaimana kondisi depo arsip Pemprov Babel ini, ke depan.

“Arsip adalah pengigat masa lalu, nanti anak cucu kita akan tahu sejarah masa lalu dari asrip. Kami ingin di Depo Arsip DKPUS Babel ini, Babel punya sejarah, misalnya bagaimana awal mula terbentuknya Provinsi Babel dengan bukti-bukti perjuangan yang lebih lengkap lagi,” ujarnya.

Termasuk pembangunan-pembangunan yang memiliki nilai historis cukup besar, dicontohkan Padli, Jembatan Emas, PLTU Air Anyir, dan lainnya. “Untuk mendukung pengelolaan arsip ini, DKPUS Babel telah memiliki dasar hukumnya, yaitu Peraturan Gubernur tentang Arsip,” ungkapnya.

Related posts