Pemuda Penggerak Perubahan

  • Whatsapp

Oleh: Maulida

Read More

Pemuda Karang Taruna Klekak Kemuja

Berbicara masalah Pemuda, berarti berbicara tentang masa depan. Karena Pemuda adalah generasi pewaris yang akan menggantikan estafet kepemimpinan sebuah generasi. Dalam Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009, Pemuda adalah warga Negara Indonesia yang memasuki Periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun. Sebagian besar Pemuda saat ini, seringkali lupa bahwa perannya begitu sangat penting untuk kemajuan bangsa. Pemuda-pemudi generasi sekarang sangatlah berbeda dengan generasi sebelumnya dilihat dari segi pergaulan, sosialisasi, cara berpikir, serta cara menyelesaikan permasalahan.

Pemuda terdahulu lebih berpikir secara rasional dan berpikir untuk maju danĀ  jauh ke depan. Dalam arti, mereka tidak asal-asalan dalam berpikir maupun bertindak. Mereka mengkaji dengan matang apa yang harus mereka perbuat untuk kemajuan Bangsa Indonesia ini. Seperti halnya kita ketahui sejarah telah mencatat para Pemuda Indonesia dalam memerdekaan Negara Indonesia ini, seperti Bung Tomo, Bung Hatta, Ir, Soekarno, Sutan Syahrir, dan lain- lainnya. Mereka semua rela mengorbankan harta, bahkan rela mempertaruhkan nyawa mereka untuk kepentingan bersama, yakni kemerdekaan Indonesia.

Begitu sangat jauh sekali perbandingan dengan pemuda saat ini, yang masih terkesan acuh terhadap masalah-masalah sosial di lingkungan. Pemuda-pemuda saat ini sudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, hal-hal yang tidak bermanfaat. Seperti halnya pergaulan bebas, kenakalan remaja, bahkan kemajuan teknologi saat ini yang dipergunakan seperti membuka situs-situs porno dan lebih parah lagi Pemuda saat ini, banyak kecandu game online. Mereka lebih mengutamakan kesenangan untuk dirinya sendiri. Seharusnya Pemuda harus berpikir kritis dengan kemajuan teknologi.

Pemuda dapat mencari wawasan atau pun bertukar informasi agar mereka tidak ketinggalan dengan informasi yang up to date. Menurut Dudung (2009), Pemuda adalah sebagai agen of change, Pemuda yang memiliki potensi kepekaan dan kritis yang tinggi terhadap kehidupan sosial. Dengan potensi yang dimiliki oleh Pemuda dapat membuat perubahan terhadap masyarakat dari kebodohan dan keterkukungan. Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Pemuda lebih berfokus pada perubahan sosial, misalnya dengan potensi keilmuan yang dimiliki, banyak melakukan gerakan-gerakan pemerdayaan masyarakat sebagai peningkatan kearah yang lebih baik. BegituĀ  sangat pentingnya sosok Pemuda yang tidak akan pernah lepas dari namanya sejarah Bangsa Indonesia. Untuk itu, generasi Pemuda sebagai penentu perjalanan bangsa dimasa berikutnya.

Negara tanpa kaum muda ibarat kertas, Pemuda sebagai tulang punggung bangsa. Pemuda sebagai motor penggerak utama perubahan dan kunci kemajuan. Pemuda diakui perannya sebagai kekuatan pendobrak kebekuaan masyarakat. Bahwa dari tangan-tangan pemudalah perubahan akan terjadi. Tantangan yang harus dihadapi oleh Pemuda Indonesia tidak terletak pada level kultur, tapi pada tingkatan struktur, yakni etos kerja, semangat belajar yang tinggi, memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, serta inovatif. Yakni akan membawa mereka pada kemajuan bangsa untuk penggerak perubahan. Adapaun Perubahan yang harus dilakukan Pemuda dengan melakukan perubahan dari hal-hal yang kecil, dan dari pribadi diri sendiri. Pepatah mengatakan apa yang menjadi tujuanmu akan menentukan apa yang kamu inginkan. Dan barang siapa ingin mengenggam nasib suatu bangsa, Maka genggamlah para pemudanya (Umar R,A).

Adapun yang menjadi wadah bagi para Pemuda untuk dapat mengeluarkan aspirasi dan kreativitas yang ada pada dirinya, para Pemuda bisa masuk dalam organisasi seperti Karang Taruna. Karena Karang Karang Taruna adalah sebagai wadah bagi para Pemuda untuk dapat membentuk keperibadian diri yang baik. Dengan pendidikan Karang Taruna para Pemuda dapat berperan aktif serta produktif. Maka dari itu, Pemuda merupakan salah satu unsur yang sangat menarik untuk dikaji, dan esensial dalam suatu gerakan perubahan. Karena di dalam jiwa Pemuda terdapat kerelaan berkorban demi menggapai cita-cita. Di dalam diri Pemuda terdapat api idelalisme yang tidak menuntun balasan, baik berupa materi atau pun kedudukan. Di dalam diri Pemuda terdapat semangat tinggi yang selalu membara. Bersama Pemuda kita menentang segala kekuasaan yang tiran. Bersama Pemuda kapal yang bernama Indonesia akan terus maju.

Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa Pemuda sebagai penggerak perubahan adalah sosok potensial yang ada pada dirinya untuk dapat melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Belajar dari Ki Hajar Dewantara, bahwa Pemuda harus memiliki sifat Ing Ngarso Sang Tuludo, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Artinya Pemuda harus berada digarda paling depan dalam melakukan perubahan sosial sebagai lokomotif perubahan. Pemuda bangsa Indonesia harus bisa mengambil contoh dari para pendahulunya dalam hal menciptakan perubahan untuk bangsanya. Nilai-nilai semangat perjuangan harus senantiasa tertanam dalam diri setiap Pemuda, bersama-sama menyatukan langkah, memperjuangkan semangat nasionalisme untuk dapat melanjutkan perjuangan para pendahulu bangsa Indonesia sebagai agen of change. (***)

Related posts