Pemprov Ubah Sistem Tata Niaga Lada

  • Whatsapp
foto ilustrasi

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini terus melakukan berbagai langkah-langkah strategis untuk mendongkrak harga jual lada di kalangan petani di daerah itu. Satu diantaranya, dalam bulan ini, jika tak ada aral melintang pemprov akan memberlakukan perubahan sistem tata niaga lada, sistem hilirisasi lada, serta beberapa inovasi lainnya.
Dalam rapat final pembahasan tata niaga lada, hilirisasi lada maupun ekspor lada baik pemasaran lada antar pulau di Indonesia dan internasional yang dipimpin langsung Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Babel, Kamis (9/1/2020) sore.
Rapat terbatas ini turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, Kepala Dinas Perindag Babel, Sunardi, Kepala BP3L Babel, Kepala Koperasi Petani Lada Babel, Kantor Pemasaran Bersama Lada, Direktur BUMD Provinsi, Saparudin, Staf Khusus Gubernur Babel, serta unsur terkait lainnya.
“Mudahan- mudahan pertengahan bulan Januari 2020 ini, pemberlakukan perubahan sistem tata niaga lada, mampu mendongkrak harga lada bagi petani kita di Babel. Kami mentargetkan pertengahan Januari ini, untuk hilirisasinya sudah dilakukan oleh UMKM, nanti koperasi petani lada akan membeli lada langsung dengan harga standar yang sudah ditetapkan oleh komite penetapan harga lada,” ujar gubernur.
Sementara itu, Direktur BUMD Babel, Saparudin menegaskan, rapat tentang tata niaga ini sudah final, baik untuk hilirisasi maupun pengiriman lada antarpulau serta pengiriman lada untuk ekspor.
“Kita juga telah menyiapkan beberapa instrumen, seperti kantor pemasaran bersama, kemudian UMKM lada untuk memproduksi lada yang ingin dihilirisasi menjadi bentuk- bentuk kemasan yang siap kita pasarkan ke gerai- gerai kita di Babel maupun di luar Babel,” jelas Saparudin.
Saparudin yang juga menjabat staf khusus gubernur Babel ini, berharap dengan adanya tata niaga pemasaran lada yang baru ini, nantinya harga lada di level petani Babel ada perubahan, sesuai dengan yang diharapkan. (nov10)

JustForex

Related posts