Pemerintah Wajibkan Warga Gunakan Masker Saat Keluar Rumah, Mikron: Masker Kain Juga Bisa

  • Whatsapp
Seorang pegawai bank menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. (foto: Nurul Kurniasih)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa meminta masyarakat mengenakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker, kata dia, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 yang bisa saja dibawa oleh orang yang terlihat sehat tanpa gejala, namun ternyata mengidap virus.

Read More

“Pemerintah pusat memang sudah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, bahkan ada tindakan tegas jika tidak menggunakan masker. Kalau di kita (Babel-red) saat ini masih dalam batasan imbauan,” kata Mikron, Senin (6/4/2020).

Ia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan masker kain untuk melindungi orang lain dan diri sendiri.

“Masker kain juga bisa, walaupun ketahanan hanya empat jam dan harus dicuci, tetapi paling tidak ini melindungi diri,” tegasnya.

Masker medis, misalnya masker bedah dan N95 dan lainnya, biarlah digunakan oleh petugas medis yang memang betul-betul membutuhkan masker ini untuk melakukan pencegahan dan penanganan terhadap pasien di rumah sakit.

“Di Babel masyarakat saya lihat mulai aktif menggunakan masker, meskipun ada yang belum, tetapi kita berusaha mencegah dengan menggunakan masker ini,” ulasnya.

Ia berharap, di Babel tidak terjadi peningkatan kasus, meskipun diakuinya saat ini terjadi peningkatan jumlah orang yang dipantau dan diawasi.

“Mudah-mudahan di Babel tidak seperti zona merah lainnya di Indonesia, makanya kita harus bersama mencegah, menggunakan masker dan isolasi diri, dirumah saja, jangan berkeliaran jika tanpa ada keperluan,” ingatnya.(nov)

JustForex

Related posts