Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Pelajar dan Guru SLTP Tiga Kecamatan Dikenalkan Menulis Rilis Berita

 

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan dan Pokja Jurnalis Basel menggelar pelatihan jurnalistik tingkat pelajar dan guru SMP se-Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (5/11/2020). Kali ini kegiatan digelar khusus bagi siswa dan guru SMP tiga kecamatan yakni Payung, Pulau Besar dan Simpang Rimba.

 

Pelatihan jurnalistik yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Payung ini dengan tema "Tingkatkan Gerakan Literasi Sekolah Melalui karya Jurnalistik". Ketua PWI Bangka Selatan yang juga ketua Pokja Jurnalis Basel, Dedy Irawan mengatakan, pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk memudahkan akses komunikasi publikasi antara civitas sekolah dengan media khususnya di Basel.

 

"Dindikbud Basel bersama PWI dan Pokja Jurnalis Basel menggelar workshop jurnalistik, pengenalan dasar menulis, ada rilis berita, feature biografi, dasar menulis opini, selain membuka akses informasi publikasi sekolah dengan media, kita ingin menggali potensi dan prestasi serta inovasi sekolah melalui karya jurnalistik, dan ini adalah salah satu program kerja PWI dan Pokja Jurnalis Basel Goes to School" ujar dia.

 

Melalui kegiatan ini, kata Dedy diharapkan para guru dan siswa dapat mengaplikasikannya dalam mengolah potensi sekolah melalui karya jurnalistik positif yang benar.

 

Sementara itu, Kabid pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Seltan, Ardiansyah mengatakan publikasi merupakan suatu kebutuhan. Bahkan saat ini sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kegiatan literasi sekolah. Workshop jurnalistik yang digelar ini diharapkan menambah pengetahuan dasar bagaimana cara mengolah informasi kegiatan sekolah, prestasi sekolah serta inovasi sekolah lainnya.

 

“Manfaatkan pelatihan ini dengan baik, dan semoga bisa diterapkan di sekolahnya. Kegiatan sekolah, prestasi sekolah dapat dipublikasikan melalui media-media di Basel, semoga melalui kegiatan ini gerakan literasi sekolah di Basel terus meningkat,” kata Ardiansyah. Workshop tersebut dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas pelajar dan kelas guru. Para narasumber dari PWI dan Pokja Jurnalis Basel mengenalkan materi dasar menulis rilis berita media cetak, online serta televisi. (raw)

 

 

Diatas Footer
Light Dark