Pasien Positif Covid-19 di Babel Bertambah 1, Laki-Laki Asal Pangkalanbaru

  • Whatsapp
Andi Budi Prayitno

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG -Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Bangka Belitung (Babel) membenarkan ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Corona Virus (Covid-19) berdasarkan hasil pemeriksaan Swab Balai Besar Labotarium Kesehatan (BBLK) Palembang, Rabu (20/5/2020).

Diterangkan Juru bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno, pasien ini seorang laki-laki berinisial Ps (34) asal Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Selanjutnya akan dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dan men-tracking semua orang yang sempat kontak dengan pasien ini.

“Iya benar ada tambahan satu pasien positif lagi di Babel, ini akan segera ditindaklanjuti oleh tim gugus tugas Bangka tengah,” kata Andi, Rabu (20/5/2020).

Dengan tambahan, satu pasien ini total kasus positif corona di Babel sudah ada 35 orang, 10 orang dalam perawatan, 24 dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Baca Lainnya

Pasien terkonfirmasi ini juga membentuk klasternya sendiri, seperti klaster Temboro untuk dua pasien di Kabupaten Bangka, klaster Bangladesh, klasrter Jakarta dan klaster unknown di Pangkalpinang.

“Dengan demikian detail sebaran sebagai berikut yakni di Kabupaten Belitung Timur 1, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 2, Pangkalpinang 6; Bangka 5, Bangka Selatan 2 dan Belitung 4,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andi menerangkan untuk update kasus situasi Covid-19 Babel per pukul 13.00 WIB untuk total Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 1.243 dengan proses pemantauan ada 353, total Orang dalam Pemantauan (ODP) ada 993 dengan roses pemantauan ada 12, dan total Pasien dalam Pengawasan (PDP) ada 88 dengan poses pengawasan ada 9.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol Covid-19 untuk menekan angka penyebarannya di Babel.

“Kita harapkan sekali peran serta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. Semoga Covid-19 cepat berlalu,” demikian Andi.(rls)

Related posts