Panen Raya di Rias, Mentan Dorong Produktivitas Padi

  • Whatsapp
Menteri Pertanian bersama Gubernur Babel saat panen padi di Desa Rias.(foto: saktio)

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, mendorong petani untuk meningkatkan produktivitas padi, dan tetap semangat bercocok tanam.

Hal ini diingatkan Mentan disela panen raya bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, didampingi Kapolda Babel, Irjen pol. Anang Syarif Hidayat, di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan (Basel), Babel, Jumat (7/8/2020).

“Saya sengaja turun melihat langsung varitas dan mengukur PH tanah di areal persawahan Desa Rias ini, tanpa di kasih tahu saya sudah tahu padi di sini menghasilkan 4-5 ton perhektar,” ujarnya, dihadapan para petani.

“ini perlu di tingkatkan lagi menjadi 7 ton perhekar,”pintanya.

Baca Lainnya

Untuk mencapai produksi 7 ton perhektar, Syahrul menyebutkan harus ada upaya yang di lakukan seperti meningkatkan PH tanah, dengan perbanyak pupuk, terus varitas padi harus di tingkatkan, begitu juga dengan budidayanya.

“Kalau beberapa upaya itu dilakukan produksi GKG di Rias ini akan 7 ton perhektar akan tercapai ditambah laginya nanti potensi sawah 30 ribu hektar tergarap semua,” ulasnya.

Produktivitas sebesar 7 ton ini, jika dikalkulasikan, petani akan mendapatkan hasil hingga Rp 10 juta, perhektar diluar upah dan pengeluaran lain.

Ia melihat, di tengah pandemi ini, sektor pertanian tetap tumbuh, karena semua orang masih memerlukan makan.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, mengatakan, di daerah Rias dan wilayah Basel pada umumnya, merupakan wilayah sentra padi di Babel.

“Bangka Selatan ini lumbung padinya Babel, kami akan terus mendorong dan meningkatkan areal persawahan di Babel,” sebutnya.

Saat ini, diakuinya, ketersediaan padi atau beras lokal di Babel baru terpenuhi 30 persen, sisanya masih didatangkan dari luar Babel.

“Untuk di Rias ini, sudah tiga kali panen dalam satu tahun, kehadiran pak Menteri, tentunya memberikan semangat dan motivasi serta memberikan manfaat pada petani, pak Menteri juga membantu berbagai hal yang kita butuhkan,” pungkasnya.

Panen raya ini, juga dihadiri oleh Bupati Basel, Justiar Noer, Anggota DPD RI Alexander Fransiskus, serta pihak terkait lainnya. (nov/adv)

Related posts