Optimalkan Areal Sawah, Distan Mulai Terapkan Sistem Korporasi

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Dinas Pertanian (Distan) Pemprov Bangka Belitung (Babel), akan menerapkan sistem korporasi terhadap areal persawahan di daerah itu. Sistem tersebut diyakini dapat maksimal dalam penggarapan lahan persawahan.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan sawah korporasi adalah sawah dimana sudah ada petani dan akan di kerja samakan dengan pihak swasta.

“Potensi sawah kita luar biasa banyak sekali, makanya Kita sudah tentukan sawah mana saja yang menjadi kewenangan Provinsi, nanti kita gunakan sistem corporate,” ujar Erzaldi kepada wartawan belum lama ini.

Pengelolaan sawah corporate tersebut, sebutnya sudah berjalan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dengan luas 200 hektar. Dia berharap, daerah itu dapat menjadi percontohan.

Baca Lainnya

Untuk itu, sawah corporate ini lanjutnya akan dikembangkan lagi ke Kabupaten Bangka Barat Bangka Induk dan Bangka Selatan.

“Kalau menggunakan corporate, bisa dipantau, mulai dari kurang bibit, pupuk dan modal, termasuk pemasaranya,” jelasnya.

Sistem itu, tidak akan mengurangi pendapatan petani, bahkan bisa lebih karena prouksi yang ada akan meningkat.

Sementara itu, Kepala Distan Provinsi Babel, Djuaidi mengatakan dengan pola sawah corporate, manajeman pengelolaan sudah terpadu termasuk soal benih yang digunakan, pupuk, kapan dimulai pupuk, penanganan penyakit dan pasca panen.

“Intinya dengan sawah corporate ini mutu pertanian semakin baik, produksi akan semakin meningkat, terlibat pemasaran pun akan terjamin,” tutupnya.(nov/10)

Related posts