Mulkan Rayakan Imlek dan Bagi-bagi Angpao

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Mulkan membagikan 100 angpao saat pergelaran Festival Harmoni Imlek 2571 yang dilaksanakan di Jalan Laut Sungailiat, Jumat (24/1) malam. Angpao tersebut disiapkan oleh orang nomor satu di negeri sepintu sedulang tersebut untuk anak-anak kurang mampu dan yatim.

Read More

Terlihat senyum dan tawa anak-anak penerimaan bantuan tersebut saat mendapat angpao merah yang berisikan uang. Bahkan beberapa warga yang hadir pada acara tersebut juga berteriak dan berharap mendapatkan angpao dari bupati.

Mulkan mengatakan bahwa ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, tak lupa ia juga berharap agar kedepan selalu diberikan kemudahan dalam segala urusannya.

“Kami berharap agar kita semuanya diberikan kesehatan, panjang umur, dan dimudahkan rezekinya,” ungkapnya.

Pada Festival Harmoni Imlek 2571 yang digelar di Klenteng Amal Bakti tersebut juga menghadirkan ragam budaya tradisi yang tumbuh berkembang di tengah masyarakat Bangka Belitung. Bukan hanya pertunjukan barongsai saja, namun juga pertunjukan tari campak disajikan dalam acara tersebut.

Mulkan mengatakan even ini adalah salah satu cermin bahwa adanya suatu keselarasan terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat yang ada di Bangka ini, sehingga tidak adanya suatu perbedaan suku, ras, agama, dan budaya.

“Ini salah satu kebanggan kami bahwa sampai hari ini kita tetap menjaga kesatuan dan persatuan, kita adalah Tong Ngin Fang Ngin Jit Jong, kita tidak pernah saling menghujat satu sama lain. Mari masyarakat mari kita jaga persatuan dan kesatuan kita, jangan sampai ada yang ingin memecahkan persatuan kita ini,” terangnya.

Mulkan juga mengajak kepada masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga serta melestarikan budaya-budaya lokal sehingga diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bangka.

“Ini juga salah satu sarana kita untuk menyatukan masyarakat kita, untuk itu mari kita lestarikan nilai budaya-budaya kita agar pariwisata kita ini dapat berkembang lebih baik,” pungkasnya.

Ketua panitia pelaksana, Ahmadi mengatakan bahwa event tersebut merupakan kedua kalinya setelah sukses digelar pada awal 2019 lalu.

“Event ini merupakan event tahunan, dan ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Kami sangat bersyukur karena event Festival Harmoni ini sudah masuk kalender rutin tahunan pariwisata Kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Setda Provinsi Babel, Yanuar yang menyempatkan hadir mengatakan bahwa event tersebut juga merupakan bukti nyata masyarakat Bangka Belitung mampu menunjukan keharmonisan dan kerukunan dalam hidup umat beragama.

“Acara ini sangat lengkap, selain ada hiburannya, kerukunan umat beragamanya juga ada. Dan kami akan koordinasikan dengan pemerintah provinsi agar event ini juga di masukan kedalam kalender pariwisata provinsi,” ujarnya.

Untuk itu ia mengharapkan melalui Festival Harmoni Imlek ini mampu meningkatkan nilai-nilai toleransi dalam hidup ditengah masyarakat yang majemuk.

“Bangka Belitung ini mempunyai adat budaya yang bermacam-macam. Disatu sisi masyarakat Bangka Belitung ini masyarakat yang majemuk tetapi dalam menyelenggarakan kegiatan masyarakat kita ini baik pribumi maupun non pribumi menyatu,” terangnya. (mla/6)

Related posts