Mendukung Kelestarian Budaya Lokal

  • Whatsapp

Jika hal ini terus dibiarkan, maka kebudayaan kita sendiri lama-kelamaan akan hilang, karena kurangnya minat generasi muda terhadap budaya yang ada di daerah mereka sendiri. Mengapa penulis mengatakan seperti ini? Karena Tari Kedidi ini hanya diketahui atau dipahami oleh masyarakat tempat dimana tari itu berasal, dan tidak ditulis atau dibukukan melainkan hanya dicerita dari mulut ke mulut oleh orang zaman dahulu. Jika generasi muda enggan melestarikan budaya daerah, bagaimana bisa kita mempertahankan, membangun, dan mensosialisasikan kebudayaan ini kepada generasi baru yang akan hadir nantinya.

Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut serta menjaga budaya lokal. Pertama, mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekadar mengenal atau bisa juga dengan ikut memperaktikkannya dalam kehidupan kita. Kedua, memberikan perhatian yang penuh terhadap kebudayaan dan kesenian daerah agar kebudayaan tersebut tidak luntur dari masyarakat atau agar tidak punah. Ketiga, menciptakan perekonomian yang stabil sehingga pariwisata yang berhubungan dengan pelestarian budaya dan seni ikut berkembang. Keempat, meninggalkan sikap acuh tak acuh terhadap budaya kita sendiri. Kelima, mempublikasikan kebudayaan dan kesenian Indonesia kepada dunia seperti dengan memanfaatkan media cetak maupun elektronik, dan ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Read More

Dari permasalahan yang dipaparkan di atas, peran pemerintah dan masyarakat sangatlah penting guna mencegah generasi muda yang telah termakan oleh arus globalisasi. Pengenalan akan seni dan budaya tradisional harus dilakukan sejak dini. Hal ini untuk menghindari punahnya seni dan budaya tradisional warisan leluhur yang telah susah payah dipertahankan. Generasi muda harus segera bangkit dan melestarikan seni dan budaya tradisional. Jangan sampai seni dan budaya tradisional bangsa Indonesia direbut oleh bangsa lain.(***).

Related posts