Membangun Desa Emas dengan Perhutanan Sosial

  • Whatsapp
Penulis : Darman Suriah, S.Hut
Penyuluh Kehutanan Ahli Madya Dinas Kehutanan Prov. Kep. Babel

Berbagai program pemerintah terus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendampatan masyarakat, penanggulangan kemiskinan, memberikan akses legal dalam mengelola sumber daya alam, kesempatan kerja dan usaha, pengembangan pendidikan dan pelatihan. Begitu juga di daerah pedesaan berbagai program atau kegiatan dilaksanakan seperti Desa konservasi, desa mandiri pangan, Desa Maritim,  desa pro iklim, desa keluarga berencana, desa ramah perempuan, desa tegap mandiri, desa mandiri energi, desa wisata, desa UMKN serta berbagai nama lainnya yang semunya bertujuan meningkatkan perekonomian yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan di didesa tersebut.

Desa memiliki kekayaan sumber daya alam, Sumber Daya Manusia, budaya dan potensi ekonomi yang sangat besar untuk membangun desanya, namun pengelolaannya belum dikelola secara optimal. Padahal kunci dalam pembangunan nasional, terutama dalam menghadapi krisis ekonomi, adalah melakukan percepatan pembangunan desa melalui pengembangan potensi produk-produk unggulan sesuai dengan potensi desa tersebut. Salah satu tindakan yang dilakukan untuk mendorong pembangunan desa yang oleh kelompok masyarakat dengan membuat gerakan Desa Emas. Desa Emas bertujuan membantu pembangunan desa melalui peningkatan kemampuan kapasitas dan jaringan Sumber Daya Manusia desa melalui pelatihan dan pendampingan guna merubah pola pikir tentang muatan dan keunggulan lokal desa yang dilakukan gotong royong berlandaskan keikhlasan dan persaudaraan. Desa Emas menjadi bagian dari pembangunan qaryah thayyibah dapat diartikan sebagai desa baik, indah, dan berdaya melalui pembangunan fisik serta mental dan spiritual yang menjadi energi pendorong perubahan untuk maju. Mengapa hal ini berlatar belakang Emas, dikarenakan kata “EMAS / MATA UANG EMAS = DINAR = DIN-NAR” memeiliki arti mulia, tidak berkarat, proses pemurnian, enak dilihat, Kedudukan tinggi, Istiqomah, Mahal dan disukai.

Read More

Sebagai arah dari visi desa emas yaitu Mewujudkan Desa Pancasila yaitu Desa Yang Membangun Terwujudnya Indonesia Emas 2045 (Baldatun, Thayyibatun Warobbun Ghofur) dengan misi yaitu: (1). Menjadi inkubasi desa agar menjadi desa pancasila; (2). Membentuk suatu pemerintah desa yang melindungi segenap warga desa; (3). Memajukan kesejahteraan warga desa; (4). Mencerdaskan kehidupan warga desa baik spiritual, emosional, intelektual, dan vokasional; dan (5).

Related posts