Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN di Masa Pandemi Covid

penulis: Ramadhan Hidayat, S.E
Frontliner BPJS Kesehatan KC Pangkalpinang, Babel

Pandemi Covid-19 memang sudah banyak melumpuhkan berbagai sektor yang ada di Indonesia, mulai dari sektor industri, ekonomi, pendidikan dan tidak menutup kemungkinan terjadi pada sektor kesehatan. Akhir-akhir ini, maraknya wabah covid-19 sudah tidak dapat dihindari. Saat ini masyarakat di Indonesia khususnya hanya mampu bertahan di era pandemi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, mulai dari usaha dalam menjaga jarak, penggunaan masker, rajin mencuci tangan dan sebagainya. Hal demikian dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Namun, demikian meski tetap dianjurkan pentingnya protokol kesehatan di masyarakat, tetap saja seringkali kita temukan masyarakat yang masih mengabaikan akan pentingnya memakai masker, rutin mencuci tangan dan tetap social disthancing pada saat berada pada kerumunan orang.

Dengan adanya pandemic ini, seharusnya sebagai masyarakat yang patuh aturan hendaknya kita menerapkan setiap instruksi yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Dalam menanggulangi virus covid-19 di Indonesia, Pemerintah juga sudah memberikan himbauan yang tepat guna serta pemerintah juga mulai sedikit demi sedikit untuk memberikan subsidi dan sumbangsih terbaiknya untuk masyarakat dan negara. Kontribusi yang telah dilakukan oleh Pemerintah memang sukar untuk dilihat, namun manfaatnya sudah mulai menuai rasa di kalangan masyarakat. Saat ini, usaha yang dilakukan oleh Pemerintah juga adalah untuk mempercepat percepatan ekonomi di dalam masyarakat dengan membuka semua sektor supaya terwujudnya era yang disebut dengan new normal. Semua ini dilakukan oleh Pemerintah agar semua sektor bisa kembali berjalan dengan pulih kembali secara berangsur-angsur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sampai benar-benar dirilisnya vaksin untuk mencegah wabah ini.

Hal ini juga tidak dapat dipungkiri, bagi perusahaan ataupun organisasi yang bergerak di dalam bidang pelayanan terhadap masyarakat utamanya. Komitmen organisasi yang tinggi dan telah dipercayakan semestinya sudah saatnya untuk lebih berperan aktif  dalam membentengi diri sebagai upaya pencegahan virus corona dan memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan aplikasi mobile JKN sebagai langkah untuk memperoleh manfaat pelayanan kesehatan. Aplikasi mobile JKN merupakan aplikasi yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, salah satu fungsinya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran mandiri. Terkait dengan adanya pandemic ini, memanfaatkan aplikasi mobile JKN adalah cara tepat dan cerdas. Dimana akhir-akhir ini masyarakat kerap kali ingin mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS, namun terkendala karena aksesnya yang jauh untuk datang ke Kantor Cabang maupun Kantor Kabupaten ditambah lagi dengan adanya pandemic ini membuat akses masyarakat semakin terbatas.

Oleh sebab itulah mari kita bersama-sama saling membantu dalam memerangi virus ini dengan sikap yang responsive dan aktif menggunakan teknologi yang ada di sekeliling kita. Aplikasi mobile JKN dapat di unduh melalui playstore atau appstore pada handphone berbasis android atau apple. Banyak kemudahan yang akan didapatkan melalui aplikasi mobile JKN, yakni masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk kepesertaan mandirinya dengan mudah tanpa harus bolak balik datang ke kantor cabang maupun kabupaten, kemudian pada aplikasi ini, peserta yang sudah terdaftar juga bisa melakukan perubahan data dirinya secara berkala, seperti halnya pergantian fasilitas kesehatan, kelas rawat. Pada aplikasi ini juga peserta bisa langsung memanfaatkan kartu KIS digital, yang mana fungsinya sama dengan kartu fisik JKN-KIS pada umumnya. Dengan adanya kartu KIS digital hal ini, memudahkan peserta terdaftar dalam memperoleh layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun kondisi darurat di Rumah Sakit. Kemudian peserta juga bisa melihat jumlah preminya, mendaftarkan diri untuk program relaksasi, skrining covid-19 secara mandiri. Masih banyak lagi, manfaat yang dirasakan dengan adanya aplikasi mobile JKN.

Mari bersama kita menjadi pribadi yang berdedikasi, dan jeli dalam menyikapi kondisi sosial ekonomi terutama pada saat pandemi covid-19 yang terjadi sekarang. Jika akses kita saat ini sangat dibatasi, hal demikian tentunya tidak pula menjadi hambatan bagi kita untuk bebas bergerak dengan aktif dalam mendapatkan akses seperti halnya pelayanan kesehatan. Memanfaatkan aplikasi mobile JKN adalah solusi mengatasi masalah di masa covid. (***).

Diatas Footer
Light Dark