Memaknai Hari Lahirnya Pancasila di Era Covid-19

  • Whatsapp
Eqi Fitri Marehan
Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12, Sungailiat, Bangka, Babel

Tanggal 1 Juni ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai hari Pancasila yang dituangkan dalam KEPPRES No. 24 tahun 2016. Setelah ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, hari itupun juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun meskipun 1 Juni sudah ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, apakah kita benar-benar sudah paham makna hari Pancasila itu?

Lantas, apakah makna dari hari Pancasila yang jatuh 1 Juni bagi bangsa Indonesia? Tentu saja bukan esensi hari Pancasila bukan perayaan meriah belaka, melainkan hari dimana sebagai bangsa Indonesia, kita harus senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sekadar dasar negara atau tujuan berbangsa dan bernegara, juga menjadi Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Read More

Pancasila harus senantiasa bisa dipergunakan sebagai jati diri atau identitas bagi bangsa Indonesia.

Berbicara Pancasila bukan hanya lima sila yang dibacakan dan didengar bersama pada saat upacara bendera, melainkan harus dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Melaksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari, Pancasila akan tertanam di dalam hati kita masing-masing, tidak hanya sekadar identitas bangsa melainkan juga sebagai identitas dan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Cintailah Indonesia beserta Pancasila sebagai dasarnya. Berawal dari rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya mengamalkan sila-sila Pancasila di tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia, bahwa Pancasila diciptakan untuk memastikan kelangsungan kehidupan Indonesia. Pancasila adalah sesuatu yang tidak dapat digantikan dengan apapun juga, sekarang dan akan datang.

Memperingati hari lahir Pancasila tahun ini yang jatuh pada hari Senin 1 Juni 2020 adalah peringatan Hari lahirnya Pancasila yang ke-75 yang diperingati dalam suasana kecemasan dan keprihatinan bagi bangsa Indonesia, dikarenakan bertepatan dengan merebaknya wabah virus Corona yang oleh WHO disebut Virus Covid-19. Per 30 Mei 2020 telah memakan korban di dunia sebanyak: Terkonfirmasi = 5,92 Juta, Sembuh = 2,49 Juta dan Meninggal = 364 Ribu sedangkan Indonesia: Terkonfirmasi = 25.773, Sembuh: 7.015 dan meninggal: 1.573 (salah satu media online nasional).

Related posts