Korupsi APBDes Bangka Kota Diusut Polisi

  • Whatsapp

Penyidik Tunggu Hasil Audit Inspektorat
32 Proyek Konstruksi Diperiksa

TOBOALI – Kepolisian Resort Bangka Selatan melalui Satuan Reksrim terus mengusut kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Bangka Kota Tahun Anggaran 2017.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono melalui Kasat Reskrim AKP Daniel Albert T menyebutkan, Unit Tipikor Satuan Reserse Kriminal Polres Bangka Selatan telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi itu.

“Sampai saat ini sudah lima orang saksi kami mintai keterangan,” katanya kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Baca Lainnya

Selain itu, Polres Bangka Selatan masih menunggu hasil audit penggunaan APBDes Bangka Kota Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan. Inspektorat mengaudit atas permintaan penyidik guna mendukung data yang dimiliki polisi.

“Iya, ada permintaan Polres Bangka Selatan untuk mengaudit pengelolaan keuangan APBDes Bangka Kota Tahun Anggaran 2017 pada Maret 2019 lalu,” kata Plt Kepala Inpektorat Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Marpaung di Toboali, Jum’at kemarin (28/6/2019).

Menurutnya, Inspektorat juga meminta bantuan tenaga hali dari Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman Rakyat dan Perhubungan (DPUPRHub) untuk mengecek 32 kegiatan fisik atau kontruksi yang harus dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan volume pekerjaan yang telah dilaksanakan.

“Ada 32 kegiatan kontruksi yang harus diaudit, kita meminta tenaga ahli DPUPR untuk bersama-sama mengecek kondisinya,” jelasnya.

Marpaung menambahkan, berdasarkan informasi dari Ketua Pemeriksaan Khusus (Riksus), proses perhitungan dari Tim Teknis DPUPRHub audit sudah selesai, tinggal menunggu penyerahan formal berkas hasil perhitungan kepada Inspektorat.

Hasil dari perhitungan tim teknis PU ini nantinya akan dipergunakan Tim Riksus untuk melakukan analisis auditnya, guna memberikan keyakinan yang memadai kepada pengguna laporan hasil audit.

“Setelah hasil anilisis dari Tim Riksus selesai akan langsung kami serahkan ke Polres sebagai peminta data,” pungkasnya. (raw/1)

Related posts