Kadinkes Tanggapi Kritik Ketua DPRD soal Posko Corona

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti

SUNGAILIAT – Tidak adanya alat medis dan tim kesehatan di Posko Bersama Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Bangka yang mendapat kritik dari Ketua DPRD Bangka, Iskandar, dianggap wajar oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti.

Ia mengatakan, tim dan peralatan medis disiapkan di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat, karena posko yang disidak Ketua DPRD tersebut hanya untuk sebatas tempat koordinasi saja.

“Posko ini bukan untuk memeriksa kesehatan karena ini kasusnya virus, bukan bencana biasa. Jadi posko ini bersifat untuk koordinasi,” ungkap Then ketika dikonfrimasi wartawan, Selasa (31/3/2020).

Pihaknya, lanjut Then tidak membuat tim untuk pemeriksaan kesehatan di posko tersebut, karena akan berdampak bagi petugas yang berjaga jika memang ada tertular wabah Covid-19.

Baca Lainnya

“Kalau semua orang ke situ nanti jadi penularan di situ. Kita (Tim Gugus-red) sudah menyiapkan alur pelaporan bila ada pendatang atau yang baru datang dari daerah terjangkit,” terang Then.

Kepala Dinas Kesehatan ini menyebutkan, bagi warga yang baru datang dari daerah wabah atau dicurigai terkait Corona, bisa memberikan kontak person surveilance atau mengisi from deteksi mandiri melalu situs covid19.bangka.id/form-deteksi atau menghubungi 119.

“Diusahakan jangan ke puskesmas, atau bisa juga kontak ke kepala puskesmas atau saya langsung apabila masih belum turun tim surveillancenya. Jadi tidak usah repot ke puskesmas lagi, nanti tim yang turun,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar Sidi sempat mengkritik Posko Bersama Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Corona tersebut karena kurangnya peralatan dan tim medis yang bersiaga.

“Alat-alat kesehatan belum kelihatan di posko ini, ketua pelaksana atau ketua posko untuk segera mempersiapkan semua alat-alat yang diperlukan di posko,” ungkapnya saat meninjau posko itu akhir pekan kemarin.

Iskandar mengatakan, tim harus mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk membantu petugas dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangka.

“Posko ini bukan untuk sebulan atau dua bulan, tapi sampai virus ini benar-benar tuntas. Lalu posko ini juga bukan cuma untuk Virus Corona saja, tapi untuk penyakit lainnya,” tambah politisi PDIP itu.

DPRD, lanjutnya selalu mendukung langkah pemerintah daerah untuk menangani penyebaran virus dengan mempersiapkan dananya.

“Anggaran sudah kita siapkan, mungkin dalam minggu ini sudah keluar setelah kita tanya ke salah satu staf di posko tadi,” tukasnya.

Untuk itu ia meminta tim tetap siap dan bergerak membantu masyarakat, meskipun masih dalam keadaan yang kekurangan peralatan.

“Jadi walaupun kurang dari segi peralatan, bukan menjadi halangan untuk kita tidak berbuat,” pungkasnya. (mla/1)

Related posts