Kadinkes Datangi Dirreskrimsus, Ngaku Mau Rapid

  • Whatsapp

Komes Haryo: Urusannya ke Cyber

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pangkalpinang, dr Masagus Muhamad Hakim mendatangi Mapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis sore (2/7/2020) sekitar pukul 16.40 WIB.
Pantauan Rakyat Pos, Kadinkes tampak terburu-buru keluar dari kendaraan dinasnya jenis Kijang Innova Venturer berwarna hitam yang bertuliskan Operasional Covid-19 Dinkes Pangkalpinang dengan nomor polisi BN 1073 PZ.
Masagus Muhamad Hakim berpakaian batik coklat dan celana katun langsung bergegas naik ke lantai dua menuju ruangan Dirreskrimsus Polda Babel.
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Babel, Kombes Pol Haryo Sugihartono saat ditemui, Kamis sore membenarkan bahwa Kadinkes telah mendatangi dirinya di ruangan.
“Iya, saya suruh ke Subdit Cyber, ya urusannya ke Cyber. Yang meriksa di sana, buka saya,” ujar Dirreskrimsus.
Ia mengungkapkan, kedatangan Kadinkes juga unruk menanyakan kepada dirinya terkait perkembangan laporan dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terhadap pemilik akun Facebook Ayak Bedincak.
“Iya, salah satunya dia (Kadinkes) menanyakan perkembangannya. Ya silahkan dan saya arahkan ke Subdit Cyber, sejauh mana perkembangannya silahkan tanyakan ke Subdit Cyber,” tuturnya.
Sampai saat ini, menurut Kombes Pol Haryo Sugihartono, laporan dugaan pelanggaran UU ITE terhadap pemilik akun Facebook Ayak Bedincak yang dilaporkan oleh Masagus Muhamad Hakim yang juga sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pangkalpinang, masih dalam proses penyelidikan.
“Masih penyelidikan, dan saya belum nanya ke Subdit Cyber karena pengaduannya ada, pasti akan dilakukan analisa sejauh mana barang bukti yang dijadikan petunjuk untuk proses lebih lanjut. Apakah memang betul itu, nanti katagorinya ujaran kebencian, pencemaran nama baik atau berita hoax itu nanti akan diuji dengan pendapat dari ahli bahasa, ahli hukum pidana,” ungkapnya.
Disinggung lebih jauh, apakah dalam perkara ini telah menetapkan tersangka, Dirreskrimsus menegaskan bahwa laporan ini masih sebatas proses penyelidikan, bukan penyidikan dan belum menetapkan adanya tersangka.
“Kadinkes ini sebagai pelapor dan korban. Sementara ini dia kan diperiksa sebagai saksi pelapor dan saksi korban,” jelas Haryo.
Namun Kadinkes Pangkalpinang, Masagus Muhamad Hakim sembari bergegas ke mobil dinasnya justru mengelak saat ditanyakan usai keluar dari ruangan Dirreskrimsus. Ia berdalih bukan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan pelanggaran UU ITE terhadap pemilik akun Facebook Ayak Bedincak.
“Minta rapid, mau berangkat ke Jambi minta Rapid. Di ruangan direktur (Dirreskrimsus),” elak Masagus.
Kadinkes Pangkalpinang lalu langsung masuk ke dalam mobil dinasnya sembari menutup pintu mobil dan bergegas meninggalkan wartawan.
Seperti ketahui, Masagus melalui kuasa hukumnya Iwan Prahara melaporkan pemilik akun Facebook Ayak Bedincak ke Polda Babel pada Kamis (4/6/2020) silam. Kadinkes selaku pelapor tidak senang dengan tulisan tendensius terlapor melalui Facebook. (bis/1)

Related posts