Jumlah Hewan Kurban Diprediksi Menurun

  • Whatsapp
Tim Dinas Pertanian Bangka saat memeriksa kesehatan hewan di salah pedagang, Rabu (24/7/2019).(foto: Zuesty Novianty)

Imbas Melemahnya Ekonomi
DPP Bangka Pantau Hewan Kurban

SUNGAILIAT- Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kabupaten Bangka melakukan pemantauan terhadap hewan kurban yang ada di daerah itu jelang Hari Raya Iduladha. Pemantauan tersebut akan dimulai pada 13 Juli 2020 dengan memeriksa fisik hewan yang akan dijual kepada masyarakat.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DPP Kabupaten Bangka, Saroyini mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai mendatangi tempat penjualan ataupun peternak hewan kurban.

“Kita sudah mulai melihat kondisi hewan kurban hari ini tadi. Untuk saat ini baru delapan titik di seputaran Sungailiat dan Pemali karena memang daerah ini yang paling banyak,” ungkap Saroyini, Senin (6/7/2020).

Baca Lainnya

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan tanda khusus bagi hewan yang sudah dipantau dan dinyatakan sehat oleh tim dari dinas. “Kalau sudah sehat akan dikasih tanda bahwa hewan tersebut sehat dan layak. Ini gratis tidak dipungut biaya,” tambahnya.

Saroyini juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya memiliki dua orang dokter hewan aktif yang akan turun melihat kesehatan hewan kurban nantinya.

“Kita ada dua dokter aktif tapi nanti juga akan ada bantuan juga dari pihak lainnya untuk memantau hewan kurban ini terlebih lagi saat pemotongan nanti,” jelasnya.

Dia juga memprediksi bahwa akan ada penurunan jumlah hewan kurban dari tahun sebelumnya dikarenakan faktor ekonomi yang saat ini sedang melemah.

“Tahun lalu ada 588 sapi dan lebih dari seribuan kambing yang terjual tapi tahun ini sepertinya menurun. Tadi kita sempat nanya sama penjual hewan kurban kalau hingga saat ini belum ada yang pesan, padahal tahun sebelumnya sudah ada yang pesan sebulan sebelum hari H,” pungkasnya.(mla/10)

Related posts