Jual HP Curian di Forum Jual Beli, Pencuri dan Penadah Diciduk Buser Polres Pangkalpinang

  • Whatsapp
Pelaku dan penadah HP curian saat diamankan Tim Buser Polres Pangkalpinang, Selasa (18/2/2020) sore. (foto: istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Unit Buser Polres Pangkalpinang menangkap seorang pelaku pencurian dan penadah handphone (HP), Selasa (18/2/2020) sore. Pelaku pencurian Deni Hariyanto (30) warga Kayu Agung, Kabupaten OKI, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), ditangkap tanpa perlawanan di sebuah kontrakan di Jalan Depati Hamzah, Kelurahan Air Itam.

Sebelumnya, pelaku melakukan pencurian di kontrakan Andika yang berada di Jalan Pantai Sampur, Desa Kebintik, Bangka Tengah, Sabtu (15/2/2020) lalu. Dalam melakukan aksinya, pelaku masuk ke dalam rumah kontrakan korban dengan cara mencongkel jendela kamar dan langsung mengambil dua unit HP Oppo senilai Rp3.050.000.

Read More

Pengungkapan kasus pencurian ini berawal dari penangkapan Ilham (18) warga Indralaya, Sumsel yang pernah menjual HP Oppo warna hasil curian melalui forum jual beli di media sosial Facebook. Penangkapan ini dipimpin Kanit Buser Polres Pangkalpinang Aiptu Mardi Bule.

Pantauan rakyatpos.com, Ilham yang berprofesi sebagai penjual tekwan keliling ini diamankan di sekitar Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan. Kepada petugas, Ilham mengaku mendapatkan HP tersebut dari pelaku Deni Heriyanto yang diakuinya baru ia kenal.

“Saya dihubungi oleh Deni Heriyanto untuk membantu menjual HP dan dia juga berpesan hati-hati ini HP barang panas jadi hati-hati dalam menjual. HP saya jual di forum jual beli seharga Rp800 ribu, uangnya dibagi dua saya dapat upah Rp 350 ribu sedangkan Deni mendapat Rp 450 ribu,” katanya.

“Untuk menghilangkan jejak, setelah COD (cash on delivery) dengan pembeli, saya langsung memblokir pembeli HP curian tersebut, ini saya lakukan agar tidak mudah diketahui polisi,” kata Ilham.

Sementara itu, Deni Heriyanto mengaku dirinya nekat mencuri lantaran terdesak membutuhkan uang untuk membayar kontrakan. “Ada dua HP yang saya curi, namun satu HP lainnya saya buang ke laut Sampur untuk menghilangkan barang bukti, saya butuh uang, kerja TI di Samfur tidak ngasil dan banyak razia itu yang membuat saya mencuri,” ujar Deni.

Terpisah, Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Jadiman Sihotang ketika dikonfirmasi wartawan  membenarkan diamankannya pelaku pencurian dan penadah HP di dua tempat yang berbeda oleh tim buser.

“Saat ini masih dilakukan pemeriksaan. Ditangkap buser di wilayah Bacang dan Air Itam, barang bukti yang diamankan satu unit HP Oppo A3S warna merah dan sepeda motor yang digunakan pelaku untuk melakukan pencurian,” tutup Jadiman. (ist)

Related posts