Jelang HPSN, Puluhan Siswa Setia Budi Bersihkan Tepian Sungai Upang

  • Whatsapp
Aksi membersihkan kawasan Sungai Upang, Desa Tanah Bawah, Kecamatan Pudingbesar, Minggu (16/2/2020). (foto: Riski Yuliandri)

RAKYATPOS.COM, PUDINGBESAR– Sebanyak 56 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Setia Budi melakukan aksi membersihkan kawasan Sungai Upang, Desa Tanah Bawah, Kecamatan Pudingbesar, Minggu (16/2/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari mendatang.

Ketua rombongan, Della didampingi guru pembinanya Irma Suryani menyampaikan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari mulai dari 15 hingga 16 Februari. Para siswa juga berkemah di kawasan Sungai Upang serta mendapatkan beberapa materi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan.

“Kami melakukan aksi nyata dengan membersihkan kawasan Sungai Upang khususnya dari limbah plastik. Kami sangat senang dan yakin melalui kegiatan pelepasan satwa liar ini merupakan salah satu cara yang tepat dalam menjaga ekosistem sungai. Selain itu, hal tersebut juga untuk menjaga rantai makanan,” kata Della.

Selain melakukan bersih-bersih di kawasan Sungai Upang, dilakukan juga penanaman anggrek di area konservasi pulau anggrek serta mendapatkan pembekalan dan arahan dari penggiat lingkungan sekaligus peraih penghargaan Kalpataru tahun 2015, Dian Rosana Angraini.

Baca Lainnya

Dian menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti oleh para pelajar tersebut merupakan upaya untuk mendekatkan para generasi muda dengan alam. Terlebih lagi para generasi muda merupakan penerus bangsa kedepannya yang bertugas menjaga ekosistem alam lingkungan.

“Tujuan kita agar para generasi muda betul-betul paham secara langsung akan fungsi dari lingukungan dan kita selaku manusia sangat bergantung dengan alam,” ujarnya.

Sebagai puncak kegiatan, para siswa juga mengikuti giat pelepas liaran satwa liar yang dilaksanakan ALOBI di Sungai Upang. Beberapa satwa liar baik jenis kura-kura maupun unggas dilepasliarkan dalam kesempatan tersebut.(mla)

Related posts