Imigrasi Hentikan Visa Kunjungan WNA

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pelayanan Kantor Imigrasi Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, untuk sementara menghentikan pemberian bebas visa kunjungan dan visa kunjungan kedatangan bagi orang asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Read More

Penghentian sementara visa bagi orang asing ini berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia nomor 7 tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam upaya pencegahan masuknya virus Corona.

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Markus Lenggo Rinding P mengatakan, penghentian sementara visa bagi orang asing RRT dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Negara Republik Indonesia.

“Kalau Kantor Imigrasi, Kemenkumham sendiri sudah mengeluarkan regulasi terkait pemberian visa dan izin tinggal dalam rangka pencegahan virus corona sejak 28 Februari 2020. Jadi, peraturan tersebut untuk bebas visa kunjungan dan visa kunjungan saat kedatangan dihentikan sementara bagi orang asing yang pernah berdiam atau mengunjungi RRC,” tutur Markus Lenggo ditemui Rakyat Pos, Kamis (19/3/2020).

Visa bagi orang asing, menurutnya dihentikan sementara hingga waktu yang belum ditentukan.
“Jadi, bebas visa ini, artinya ada beberapa negara yang warga negaranya boleh masuk ke wilayah Indonesia, tanpa menggunakan visa. Sedangkan visa kunjungan saat kedatangan, artinya ada warga negara dari negara tertentu yang bisa membeli visa di bandara atau pelabuhan tertentu ketika masuk wilayah Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pemberian visa dan izin tinggal dalam keadaan terpaksa terkait virus corona.
“Jadi, izin tinggalnya 30 hari dan bisa diperpanjang 30 hari lagi selama masih dalam keadaan darurat virus corona ini,” tukas Markus Lenggo.

Tunda Agenda Pertemuan
Bupati Bangka Selatan Justiar Noer telah menerbitkan surat edaran tentang pencegahan penyebaran Covid – 19 di Pemkab Basel. Dalam surat tersebut, selain memperketat dinas luar (DL) bagi ASN, Bupati juga meminta ASN yang pulang DL dapat mengecek kesehatannya di rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan corona. Selain itu, pelaksanaan apel serta face id print sementara ditiadakan dan menggunakan absensi manual. Justiar juga meminta kegiatan pertemuan yang menghadirkan banyak peserta agar ditunda atau dibatalkan.

Ia juga meminta agar OPD pelayanan publik dapat menyiapkan hand sanitizer atau sabun dengan air yang mengalir. Surat edaran tersebut berlaku mulai Rabu (18/3/2020). “Iya Bupati Basel telah menerbitkan surat edaran tentang pencegahan Covid-19, intinya DL diperbolehkan yang sifatnya urgen, namun ASN pulang DL harus periksa di rumah sakit, apel ditiadakan dan face id print pakai manual dulu,” jelas Pj Sekda Basel Achmad Ansyori ketika dikonfirmasi Kamis (19/3/2020).

Terpisah, Ketua DPRD Bangka Selatan Erwin Asmadi menghimbau anggota DPRD Basel mulai hari ini Kamis (19/3/2020) menunda DL ke luar daerah untuk sementara waktu. Selain DL, Erwin menyebutkan kegiatan kegiatan pertemuan di DPRD Basel juga ikut ditunda. Menurut Erwin, ajakan ini hanya bersifat himbauan secara lisan saja melalui grup WA yang rencananya akan dituangkan secara tersurat.

“Kita melihat situasional saat ini, untuk mencegah penyebaran corona, karena ini harus cepat jadi himbauan ini baru lisan saja, sehingga kita himbau agar anggota dewan Basel jangan dulu DL, begitu juga dengan kegiatan pertemuan dan rapat lainnya, dan di grup DPRD Basel, anggota juga sudah menyetujuinya” jelas Erwin, Kamis (19/3/2020).

Senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Basel Muzani namun penghentian DL ini hanya bersifat sementara waktu saja. Menurutnya secara resmi jadwal DL serta jadwan rapat, paripurna serta reses akan diatur ulang dalam rapat Badan Musyawarah DPRD Basel.

“Kita sudah membahas bersama pimpinan DPRD, Pak Erwin dan Pak Samson kita menghentikan DL semntara, nanti jadwal diatur ulang pada Banmus bersama anggota DPRD Basel,” imbuhnya.

Penghentian DL ini, kata Musani adalah upaya DPRD Basel untuk mengantisipasi penyebaran corona. Wakil Ketua DPRD Basel Samson Asrimono sepakat untuk menghentikan DL sementara untuk mencegah penyebaran corona.

Pengunjung Wajib Cuci Tangan
Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang tengah gencar melakukan langkah pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19). Sejumlah titik Pelayanan dilakukan penyemprotan disinfektan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang bahkan menutup ruang baca bagi anak-anak di Perpustakaan setelah melakukan penyemprotan. Penutupan ruang baca anak ini akan terus berlangsung sampai April mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon mengatakan Penyemprotan itu dilakukan atas dasar instruksi langsung dari Walikota Pangkalpinang dalam mengambil langkah pencegahan penyebaran corona.

Katanya, dalam pencegahan, terutama untuk pelayanan akan tetap dibuka, namun khusus untuk layanan anak-anak dilakukan penutupan sementara sampai dengan tanggal 31April 2020.
“Memang sesuai instruksi Walikota kita diperintahkan ambil langkah pencegahan penyebaran virus, Perpus masih buka tapi khusus anak-anak tutup dulu. Pengunjung imbau kalau tidak sehat agar tidak berkunjung,” ujarnya.

“Bagi pengunjung sebelum masuk kedalam perpustakaan diwajibkan untuk mencuci tangan kemudian diwajibkan menggunakan hand sanitizer,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan penyemprotan disinfektan menurutnya akan dilakukan setiap satu minggu sekali dikarenakan obat ini hanya bertahan selama satu minggu.

“Penyemprotan nantinya akan dilakukan diseluruh ruangan pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” ujarnya.

Dengan mewabahnya virus Corona ini Perpustakaan Pemkot Pangkalpinang akan tetap dibuka seperti hari-hari biasa namun khususnya untuk hari sabtu sementara akan diliburkan. Ia menambahkan, pihaknya saat ini sudah melakukan koordinasi bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang untuk pengajuan alat pengecek suhu tubuh.

“Mudah mudahan alat pengecek suhu tubuh bisa terealisasi dan bisa ditempatkan di perpustakaan,” pungkasnya. (bis/raw/bum/6)

JustForex

Related posts