Hasil Swab Keempat Kepala BNNK Masih Positif Covid-19

  • Whatsapp

Dua PDP Meninggal di Belitung, Negatif Corona

Kepala BNNK Belitung, Dik Dik Kusnadi saat memberikan testimoninya sebagai Pasien Covid-19 dalam video yang dibagikan di sosmed. (Foto: Istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung, Dik Dik Kusnadi yang sudah terlihat bugar dan sehat di ruangan Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Marsidi Judono (RSUD MJ) Tanjungpandan, Belitung sepertinya harus bersabar untuk pulang dari rumah sakit dan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sebab, berdasarkan data yang masuk ke Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hasil pemeriksaan sampel swab keempat milik Dik Dik
yang terdaftar sebagai Pasien 034, masih menunjukkan positif tertular Corona.

“Swab keempat Pasien 034 berdasarkan hasil uji lab Pusat Penelitian dan Pembangunan Kesehatan (Puslitbangkes) Biomedis dan Tekhnologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta, kembali menyampaikan hasil pemeriksaan PCR terhadap spesimen Swab tenggorokan milik Pasien 034 yang telah kami kirim pada hari Jumat (10/4 2020), masih positif,” kata Ketua Sekretariat Puskodalops Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa menindaklanjuti rilis yang dikeluarkan RSUD Marsidi Judono, Minggu (12/4/2020).

Baca Lainnya

Dari rilis tersebut, selain hasil Swab Pasien 034, RSUD Marsidi Judono juga menerima Swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) lain yakni Pasien 256 laki-laki (34) tes kedua negatif, Pasien 173 laki-laki (12) negatif serta Pasien 279 perempuan (8) dan Pasien 297 laki-laki (60) PDP yang meninggal, keduanya negatif Covid-19.

Dengan keluarnya hasil pemeriksaan ini artinya Pasien 034 positif Covid-19 pertama di Babel itu dinyatakan belum sembuh. Sehingga selanjutnya sesuai protap perlu dilakukan Swab ulang kembali dua kali berturut-turut, yaitu Swab kelima dan keenam, untuk menunggu hasil negatif agar dapat dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19 yang sembuh.

Menurut Mikron, dua PDP yaitu Pasien 256 dan Pasien 173, dari hasil Swab kedua pun telah dinyatakan negatif, sehingga dinyatakan sebagai PDP negatif Covid-19 dan akan segera dipulangkan.

“Karena kondisi kedua pasien tersebut sudah sehat dan sudah tidak menunjukkan gejala sama sekali,” paparnya.

“Dan yang membuat kami bisa lebih tenang untuk dua pasien PDP 279 dan 297 yang meninggal pada Selasa (7/4/2020) pukul 18.16 Wib dan pukul 22.37 Wib (di Belitung) pun hasilnya negatif. Sehingga dengan hasil tersebut Kabupaten Belitung saat ini tetap terdapat dua pasien positif Covid-19,” pungkas Mikron.

Sebelumnya, Pasien 034 atau Dik Dik Kusnadi kembali membuat video yang membuat masyarakat sedikit lega. Karena ia menyebutkan sudah mulai membaik dan tinggal menunggu hasil konfirmasi terakhir untuk hasil pemeriksaan sampel swab negatif.

Mengenakan kemeja rapi, pasien yang akan mencapai kesembuhan ini merekam video testemoninya untuk Pasien Covid-19 seluruh Indonesia dan masyarakat Bangka Belitung (Babel).

Dik Dik menceritakan kondisi kesehatannya yang terus membaik, dan dia pun telah mengikuti test Swab sebanyak tiga kali dan hasilnya negatif.

“Saat saya pertama divonis positif Covid-19 sejak itu kondisi saya hingga saat ini terus membaik dan lebih baik lagi, bahkan pada pemeriksaan (Swab) ketiga dinyatakan negatif,” ujarnya dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu.

Kendati telah dinyatakan negatif, namun dirinya kembali diambil swab keempat untuk benar-benar bisa dinyatakan sembuh.

“Pokoknya kita harus selalu semangat, jangan lupa bersih-bersih dan hidup sehat. Di kamar ini lebih banyak waktu untuk beribadah, berzikir, olahraga bahkan bersenandung dalam rangka membahagiakan diri,” jelasnya.

“Yakinlah Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Yang Luar Biasa memberikan waktu terbaik untuk kita,” tutup Dik Dik. (rls/nov/1)

Related posts