Harganas 2019, Kepala BKKBN Ajak Warga Cintai Keluarga

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bangka Belitung (Babel), Babel Etna Estelita mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan kualitas dan waktu bersama keluarga. Menurutnya, kesuksesan dimulai dari keluarga yang saling melengkapi dan saling mencintai.

Hal ini diungkapkan Etna, saat upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 di halaman kantor BKKBN Babel, Jumat (28/6/2019). Menurut dia, pemerintah turut menyadari pentingnya keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Pemerintah, lanjut dia, turut menyadari pentingnya keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Setiap keluarga, kata Etna memiliki delapan fungsi keluarga, fungsi-fungsi tersebut adalah fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya, serta fungsi lingkungan.

Baca Lainnya

“Melalui fungsi ini, diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dan bila di implementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini,” tegasnya.

Ia menilai, betapa indahnya apabila pada saat ini, antar anggota keluarga, ayah dengan ibu-anak-anggota keluarga lainnya antar tetangga-antar pegawai pemerintah dan swasta-anak-remaja-generasi muda sampai lansia saling berjabatan tangan, berangkulan dengan senang hati dan ikhlas, memberi salam dengan mengucapkan “Selamat Hari Keluarga”.

Peringatan Harganas XXVI tahun ini mengambil tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dan Slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Dia berharap, momentum Harganas dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Perwakilan BKKBN Babel, memperingati Harganas, selain menggelar upacara juga melaksanakan seminar kependudukan, anjang sana ke panti asuhan, lomba masak untuk bapak-bapak, lomba untuk anak-anak baca doa pendek, senam sehat, sosialisasi deteksi dini kanker, talk show, pelayanan KB dan radio streaming.

Pakaian Terbaik

Sementara itu, ada hal unik dalam upacara peringatan Harganas yang dilaksanakan perwakilan BKKBN Babel, dimana seluruh pegawai baik ASN maupun non-ASN, mengenakan pakaian adat dan melayu. Bahkan diberikan apresiasi kepada pegawai yang mengenakan pakaian terbaik.

Untuk pakaian terbaik, diberikan kepada Lara Trisna Ningsih yang mengenakan pakaian adat Bangka, yang kerap digunakan para pengantin Bangka dan juga Deky Agustiar, yang memakai pakaian adat Jawa. Usai upacara, seluruh pegawai kemudian berkumpul dan makan bersama atau nganggung ala khas Babel dan dilanjutkan dengan rapat pengendalian program.(nov/10)

Related posts