Hanya Bertahan 8 Hari, Kabupaten Bangka Kembali ke Zona Merah

  • Whatsapp

Kabupaten Bangka kembali ke zona merah setelah satu warganya terkonfirmasi positif covid-19, Senin (6/7/2020).

Sebelumnya negeri sepintu sedulang tersebut baru saja masuk kedalam zona hijau sejak 29 Juni 2020 lalu atau sekitar delapan hari setelah seluruh pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan satu orang pasien tersebut merupakan klaster salah satu bank di Pangkalpinang.

Baca Lainnya

“Ini pasien kita yang ke 58 dengan nomor pasien 1.050 yang berinisial OL umur 29 tahun asal Sungailiat,” ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini pasien tersebut sudah dibawa ke Balai Karantina Provinsi Bangka Belitung (babel) di BKPSDMD Babel untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

“Yang bersangkutan sudah dibawa di balai karantina provinsi. Selanjutnya kita akan melakukan tracking orang-orang yang pernah kontak langsung dengan OL,” terang Boy.

Selain itu pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan dengan radius 100 meter dari titik lokasi dan melakukan tes swab dan rapid tes terhadap keluarga pasien.

“Tim kita akan langsung segera turun dan melakukan tes swab dan rapid tes kepada orang yang dianggap pernah melakukan kontak dengan OL,” tambahnya.

Saat ini tercatat OTG di kabupaten bangka sebanyak 732 orang dimana 618 orang selesai pemantauan, ODP 273 orang dengan 269 selesai pemantauan, PDP 45 orang dan sudah selesai pemantauan semua.

“Jadi per hari ini positif covid-19 kita ada 58 orang dimana 57 orang sudah dinyatakan sembuh,” tegas Boy.

Ia juga menghimbau agar masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan diri dengan mengikuti instruksi pemerintah.

“Tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan aktifitas sesering mungkin. Hindari juga keluar rumah dan tempat-tempat kerumunan massa,” ungkapnya.(mla/6)

Related posts