Hanya 5 Jam, PMI Pangkalpinang Berhasil Kumpulkan 128 Kantong Darah

  • Whatsapp
Pendonor darah aktif saat mendonorkan darahnya ke PMI Pangkalpianng, Sabtu (20/6/2020).(foto: wahyono).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Sungguh fantastis, dan diluar dugaan, hanya dalam waktu 5 jam, sejak dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 Wib, Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Pangkalpinang berhasil mengumpulkan sebanyak 128 kantong darah.

Darah-darah tersebut disumbangkan para pendonor darah aktif melalui Kegiatan Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia tahun 2020 yang diselenggarakan PMI Pangkalpinang, di Gedung Baru PMI Pangkalpinang, Jalan Ican Saleh Pangkalpinang, Sabtu (20/6/2020).

Darah yang diperoleh itu, dikatakan Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono, terdiri dari golongan darah A = 38, B = 43, O = 38, dan golongan darah AB = 9.

Dari pendaftaran yang dibuka baik secara online maupun langsung di tempat pelaksanaan donormdarah, disebutkan Wahyono, yang terdaftar dan dan telah datang ke PMI Pangkalpinang sebanyak 170 orang pendonor.

Baca Lainnya

Namun, dari jumlah tersebut, yang berhasil diambil darahnya hanya sebanyak 128 orang. Hal itu, dijelaskan Wahyono, disebabkan beberapa faktor, seperti HB, tensi rendah, berat badan kurang dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, dari target 100 orang pendonor darah, yang direncanakan, kita berhasil meraihnya lebih dari target. Terima kasih kepada panitia pelaksana yang walaupun persiapan hanya satu minggu, dan dalam kondisi new normal di tengah pandemi Covid-19, aksi sosial ini dapat berjalan dengan baik,” kata Wahyono.

Sistem pendaftaran online bagi pendonor darah seperti ini, menurut Wahyono, bisa dijadikan acuan untuk kegiatan serupa ke depan, sehingga memudahkan pendonor datang tidak menunggu terlalu lama.

“Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat Babel yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini, karena walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19, dengan sukarela datang ke PMI Pangkalpinang untuk mendonorkan darah, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid,-19, eperti dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,” ujar Wahyono.

Wahyono menambahkan, selain mendapatkan 128 kantong darah dalam giat donor darah di hari Sabtu 20 Juni, pada tanggal 19 Juni 2020, PMI Pangkalpinang juga berhasil mengumpulkan sebanyak 40 kantong darah dari jajaran Polres Pangkalpinang, dengan rincian golongan darah A = 14, B = 9, O = 8, dan golongan darah AB = 9.

Donor darah direncanakan juga akan digelar di Mapolda Babel tanggal 22, 23, Juni, lanjut di Mapolres Pangkalpinang tanggal 24 Juni, di Makorem 045/ Garuda Jaya tanggal 25 Juni, dan 29 Juni di BNN Kota Pangkalpinang.(vip/rel).

Related posts