Gubernur Erzaldi Tinjau Dampak Covid-19 di Pasar Belitung

  • Whatsapp
Gubernur Erzaldi meninjau Pasar Tradisional Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.(foto: ikp/kominfo)

RAKYAT POS.COM, TANJUNGPANDAN – Gubernur Erzaldi Rosman meninjau secara langsung dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Pasar Tradisional Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kunjungan ini dilakukan Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, didampingi Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiono, dan Danlanud HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Letkol Nav Sunardi, Rabu (8/4/2020).

Read More

Tinjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung dampak ekonomi yang diberikan Covid-19, terutama untuk mengecek stok bahan pokok yang tersedia di pasar guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam tinjauan ini juga dilakukan pembagian masker secara gratis kepada pedagang dan masyarakat yang masih belum menerapkan penggunaan masker.

Diharapkan, di masa pandemi Covid-19 ini, tidak ada oknum yang memanfaatkan situasi untuk mencari dan mendapatkan keuntungan pribadi. “Tentunya agar tidak dimanfaatkan oleh oknum – oknum pedagang situasi sekarang ini (covid-19). Jadi istilahnya, tidak ada yang mencari kesempatan dalam kesulitan masyarakat,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Setelah berkunjung, ditemukan dua komoditi bahan pokok yang memiliki kendala di Pasar Tanjungpandan saat ini, yaitu gula dan bawang merah.

“Untuk gula, alhamdulillah satgas pangan yang dipimpin oleh Bapak Kapolda sudah mengetahui titik permasalahannya, dan Insya Allah juga beliau sudah berkoordinasi dengan kementerian,” katanya.

Selain itu, permasalahan gula yang ada di Pasar Tanjungpandan terletak pada distributor gula. Saat ini, untuk harga gula sudah mencapai Rp18.000 per kilogram (kg) dari harga biasa yaitu Rp 12.000 per kg.

Gubernur Erzaldi mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir terhadap permasalahan gula. Menurutnya, dalam satu minggu ini jika tidak ada kendala harga gula akan kembali normal. “Insya Allah untuk gula ini, kalau tidak ada halangan, dalam waktu satu minggu ini akan terealisasi dan akan kembali normal harganya,” ujar Gubernur.

Sedangkan untuk bawang, akan diuraikan kembali sumber permasalahan dan setelah ditemukan akan langsung segera berkoordinasi dengan para distributor melalui dinas terkait. Hal ini, ditegaskan Gubernur, disebabkan kenaikan harga bawang yang telah mencapai Rp 58.000 per kg dari harga normal biasanya yaitu Rp 40.000 per kg.

“Ya, kami harapkan nanti dalam waktu dekat akan kembali normal. Tapi, kalau untuk kondisi stok, khusus di Belitung dan Belitung Timur ini, masih terbilang aman, dan kami minta kepada Pak Bupati dan tim bersama Ketua DPRD maupun Forkopimda harus terus memantau kondisi ini,” pinta Gubernur Erzaldi Rosman.

Selain itu, lanjut dia, Pemprov Babel kini sudah melakukan koordinasi dengan kepala daerah se-Babel, terkait dengan refocusing alias penggeseran anggaran untuk masyarakat yang terdampak ekonomi akibat Covid-19.

Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi agar dapat menyokong masyarakat terutama masyarakat kecil yang terkena dampak Covid-19. “Itu menindaklanjuti perintah pak Presiden, dan membantu masyarakat yang terdampak terutama masyarakat kecil,” jelasnya.

Pasca mengunjungi Pasar Tradisional Tanjungpandan, Gubernur Erzaldi Rosman beserta rombongan mengecek persediaan logistik ke agen beras yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.(Leo/Adv/3).

JustForex

Related posts