Edukasi Berita Hoax Kepada Masyarakat Melalui Program KKN

  • Whatsapp
Penulis: Delviero Naufal
Mahasiswa Fakultas Hukum UBB

Penyebaran Covid-19 di Indonesia sampai saat ini, masih mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini, dibuktikan dengan terus miningkatnya pasien positif  Covid-19 di tiap daerah. Sampai saat ini, pemerintah masih berusaha keras untuk menanggulangi pandemi ini, agar segera berakhir, sehingga semua orang bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Salah satu upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 adalah meminimalisir dan menindak  pelaku pembuat dan penyebar berita bohong atau sering kita sebut berita hoax. Arti hoax adalah informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. Arti hoax adalah salah satu hal terburuk yang pernah ada dalam sejarah penggunaan media sosial. Keberadaan internet sebagai media online membuat informasi yang belum terverifikasi benar dan tidaknya tersebar cepat. Hanya dalam hitungan detik, suatu peristiwa sudah bisa langsung tersebar dan diakses oleh pengguna internet melalui media sosial.

Read More

Pemanfaatan media sosial saat ini, berkembang dengan luar biasa. Media sosial mengizinkan semua orang untuk dapat bertukar informasi dengan sesama pengguna media tersebut. Perilaku penggunaan media sosial pada masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif, membuat informasi yang benar dan salah menjadi bercampur aduk.

Berbagai cara telah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat yang peduli dengan maraknya penyebaran berita hoaks di kehidupan masyarakat. Dalam upayanya Pemerintah misalnya telah membuat pagar hukum dengan menyetujui lahirnya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektonik, memblokir situs-situs yang di nyatakan telah menyebarkan hoaks, menangkap sindikat penyebar hoaks hingga membentuk lembaga siberkreasi yang berfokus dalam menangani hoaks. Tidak hanya itu, masyarakat juga turut serta dalam menekan peredaran hoaks dengan memberikan klarifikasi terhadap hoaks. Tetapi sampai saat ini, penyebaran berita hoax masih sering ditemui, terutama ketika hal tersebut berkaitan dengan negara.

Salah satu hal yang menyebabkan masih maraknya penyebaran berita hoax di kalangan masyarakat adalah kurangnya edukasi tentang bagaimana cara beretika di media sosial, cara mencarikan kebenaran terhadap suatu berita dan apa akibat yang di dapatkan terhadap pelaku penyebaran berita bohong tau hoax.

Related posts