DKPUS Babel Gelar Lomba Penulisan Cerita Rakyat Berhadiah Jutaan Rupiah

  • Whatsapp
Asyraf Suryadin, Kepala DKPUS Babel.(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel), menggelar Lomba Penulisan Cerita Rakyat Babel.

Lomba bersifat umum yang akan dilaksanakan pada minggu kedua September 2020 tersebut, menyediakan hadiah jutaan rupiah termasuk piala dan sertifikat untuk para pemenang.

Persyaratan lomba diantaranya terdiri dari Pertama, Peserta bersifat umum, dari berbagai kalangan usia dan profesi. Kedua, Panitia, Juri beserta keluarganya tidak diperkenankan mengikuti lomba.

Ketiga, setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 naskah. Naskah cerita rakyat yang sudah memenangkan lomba pada tahun sebelumnya tidak diperkenankan untuk diikutkan dalam Lomba Penulisan Cerita Rakyat Bangka Belitung tahun 2020.

Baca Lainnya

Keempat, Naskah memuat aspek legenda dan aspek ilmiah (melampirkan dokumentasi). Kelima, Naskah merupakan hasil karya sendiri, bukan karya orang lain. Jika dikemudian hari diketahui bahwa naskah yang dikirim bukan tulisan asli, hasil dari saduran atau terjemahan, maka status pemenang dibatalkan dan wajib untuk mengembalikan semua hadiah.

Keenam, Naskah tidak sedang dilombakan dan belum pernah diterbitkan di media cetak maupun media elektronik oleh badan atau organisasi swasta maupun pemerintah.

Syarat Ketujuh, Naskah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, penggunaan bahasa daerah diberikan catatan terjemahan. Selanjutnya, naskah diketik dengan komputer, dicetak dengan menggunakan kertas ukuran A4, spasi 1,5 pt, jenis huruf Arial ukuran 11 pt dengan margin kanan kiri, atas bawah 2 cm, jumlah halaman sekurang-kurangnya 10 halaman, dan sebanyak-banyaknya 20 halaman, serta dijilid rapi.

Kelapan, Naskah dilengkapi dengan biodata diri peserta. Kesembilan, peserta wajib melampirkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (SIM/KTP/Kartu Pelajar/Kartu Siswa) dan Kartu Anggota Perpustakaan.

Kesepuluh, Peserta wajib melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Karya tersebut di atas materai 6000 rupiah.

Kesebelas, Naskah dikirim rangkap 4 berikut softcopy dikirim atau diantar langsung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jl Jenderal Sudirman No.3 (Eks Kantor Keresidenan Babel), Kota Pangkalpinang.

Untuk pengiriman naskah penulisan dikatakan Kepala DKPUS Babel, Dr Asyraf Suryadin, Senin (13/7/2020), akan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2020.

Asyraf menjelaskan, tujuan Lomba Penulisan Cerita Rakyat Bangka Belitung ini, untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang asal usul, tempat yang diceritakan dalam cerita rakyat tersebut.

Hasil lomba Penulisan Cerita Rakyat Bangka Belitung itu, akan dimasuk kedalam sebuah buku cerita rakyat Bangka Belitung, dan dicetak.

Maka dari itu, Kepala DKPUS Babel mengimmbau kepada masyarakat di Babel, untuk turut berpartisipasi dalam lomba tersebut, dengan segera mendaftarkan diri menjadi peserta dengan ketentuan yang telah dipaparkan di atas.(rel/alya/3).

Related posts