Disbudpar Inventaris Event Pariwisata

  • Whatsapp
Foto ilustrasi

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemprov Babel, Rivai menegaskan pihaknya bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mulai menginventarisir agenda wisata yang akan dilaksanakan untuk mensukseskan Visit Babel 2021.

Visit Babel 2021 tersebut, sebutnya merupakan inisiasi Gubernur Babel Erzaldi Rosman untuk menarik wisatawan berkunjung ke Negeri Serumpun Sebalai.

Read More

“Penyelenggaraan event-event untuk tahun 2021 mendatang harus dikemas dengan baik dan waktu penyelenggaraanya sudah fix di bulan Juni tahun 2020 sehingga seluruh event tersebut dapat dituangkan ke dalam Grand Design Calender Event Bangka Belitung tahun 2021,” kata Rivai dalam rapat yang digelar pada Senin (20/1/2020).

Seluruh OPD, dia menambahkan, sudah dapat menginventarisasi seluruh kegiatan yang akan diselenggarakan di tahun 2021 mendatang. Tujuannya, agar dapat mengakomodasi penganggaran serta publikasi secara masif.

Rivai optimis jika event-event tersebut ditawarkan dengan menarik, unik dan spesifik, maka akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Babel, ditambah dengan publikasi secara masif melalui berbagai media massa.

Wahyu Hidayat beserta tim yang menjadi narasumber dalam rapat ini menyampaikan beberapa rancangan design event yang akan diselenggarakan di Bangka Belitung, seperti Moon Festival Bangka Belitung serta The Biggest Night Market in Bangka Belitung with Special Performance.

“Event-event yang ada di setiap OPD nantinya dapat kita kolaborasikan ke dalam event-event besar tersebut,” ujar Wahyu.

Lebih jauh Wahyu memaparkan bahwa event pariwisata di Bangka akan dikemas dengan melibatkan peran serta seluruh OPD dari kabupaten dan kota di Babel. Terkait media publikasi yang digunakan, Wahyu memaparkan bahwa akan menggunakan platform media digital karena dapat menjangkau secara luas.

Dispora Usung Tour De Karimata

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan dan Olahraga Dispora Babel, Ferdiyan H. Loebis menyampaikan pihaknya akan menyelenggarakan Tour de Karimata. Ia menegaskan, bahwa event ini bisa dikemas dan menjadi daya tarik wisata.

“Tour de Karimata merupakan salah satu rencana event pariwisata yang dilakukan pada tahun 2021 mendatang di Babel. Event tersebut merupakan salah satu event sport tourism menggunakan sepeda,” katanya.

Pada event ini, menurut Bob sapaan akrab Ferdiyan, para pesepeda akan melewati jalur-jalur wisata di Bangka Belitung dan akan dibagi dalam lima etape. (nov/10)

Related posts