Di RSJ, PMI Babel Himpun 31 Kantong Darah

  • Whatsapp
Petugas medis saat akan mengambil darah dari pendonor.(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT – Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PMI Babel), kembali melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mengadakan giat donor darah.

Setelah sebelumnya sukses diadakan di Mako Satpol PP Babel, kali ini, giat serupa dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Provinsi Babel, dengan lokasi di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (2/7/2020).

Kegiatan tersebut, digelar masih dalam rangkaian estafet untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia dan membantu menjaga stok darah PMI di masa New Normal.

“Bersyukur Kamis (2/7/2020) hari ini, kita kembali melalaksanakan giat donor darah, yang mana kali ini, kita sasar ASN dan Honorer Pemprov di lingkup Kabupaten Bangka. Protokol kesehatan tetap kita jaga, calon pendonor kita wajibkan gunakan masker. Yang tidak bawa masker kita fasilitasi, jarak tempat tunggu pendonor kita atur jarak dan seminimal mungkin untuk melakukan kontak erat,” ungkap dr.Andri Nirtito Direktur RSJD Provinsi Babel sekaligus menjabat Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI Provinsi Babel.

Baca Lainnya

Dalam aksi itu, PMI Babel berhasil menghimpun sebanyak 31 kolf kantong darah, dengan rincian golongan darah (goldar) A sebanyak 11 kolf kantong, goldar B sebanyak 7 kolf, goldar AB sebanyak 4 kolf dan goldar O sebanyak 9 kolf.

Pemprov Babel melalui Wagub yang juga menjabat Ketua PMI Babel, Abdul Fatah mengatakan, pihaknya akan berkomitmen membantu ketersediaan kantong darah di Babel, terlebih saat ini, diketahui PMI mengalami kekurangan stok darah, terutama beberapa waktu terakhir ini.

“Kita usahakan pekerja kita baik ASN ataupun Honorer Pemprov yang di Pulau Bangka ataupun Pulau Belitung untuk rutin melakukan donor darah, tidak harus menunggu adanya baru donor, namun dapat pula donor langsung ke PMI setempat,” kata Abdul Fatah.

Selepas dari giat di RSJD Provinsi Babel, rencana estafet giat donor darah akan berlanjut di RSUP Soekarno, di Air Anyir, Bangka.

Untuk petugas donor darah, PMI Provinsi menggandeng PMI Kabupaten Bangka, sekaligus darah yang didapatkan langsung diserahkan ke PMI Bangka untuk membantu masyarakat di Bangka yang membutuhkan darah.(rel/3).

Related posts