Dewan Minta Usut Tambang di Tanjung Labu

  • Whatsapp
Foto ilustrasi

PANGKALPINANG – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rina Tarol menerima keluhan dari masyarakat Desa Tanjung Labu, Kabupaten Bangka Selatan terkait adanya aktivitas tambang di daerah mereka yang dilakukan oleh CV SR Bintang Basel yang merupakan mitra dari PT Timah.

“Jadi dikeluarkan tambang mitra PT Timah, CV SR Bintang Basel aktivitas pertambangan dan kontruksi di IUP PT Timah DU1543 seluas 360 hektare,” kata Rina yang juga menjabat Sekretaris Komisi III DPRD Babel kepada sejumlah wartawan, Jumat (17/1/2020).

Muat Lebih

Dia mengungkapkan, keberadaan aktivitas tambang di daerah itu telah mengganggu dan meresahkan masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan dalam mencari ikan.

“Jadi sudah tahu pulau-pulau kecil, kan limbah pasti ke laut, padahal masyarakat pulau itu hidupnya dari nelayan, nggak ada yang lain, Nah kan jelas tuh,” ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan, aktivitas pertambangan di pulau-pulau kecil itu sudah melanggar undang-undang yang berlaku.

“Padahal sebagaimana kita ketahui, lokasi penambangan berada di pulau kecil, sementara kriteria pulau kecil menurut Undang-Undang No. 27 tahun 2007 itu seluas dua ribu kilo atau dua ratus ribu hektare yang menurut Pasal 350 k, dilarang ada aktivitas pertambangan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, disampaikan dia, aktivitas tambang di daerah itu diduga telah dibekingi oleh oknum aparat penegak hukum. “Nah masyarakat merasa diintimidasi oleh oknum aparat tersebut,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta aparat penegak hukum segera menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut dan menindak tegas aktivitas pertambangan di daerah itu.

“Kita minta pak Kapolda untuk menindaklanjuti hal ini, dan kita juga akan lapor ke Mabes Polri kalau memang tidak ada tindak lanjut dari sini,” tegasnya.

“Dan Insha Allah hari Kamis (23/1/2020), saya akan turun reses dan kita akan minta penjelasan dari masyarakat ke Tanjung Labu, Bangka Selatan,” pungkasnya. (ron/6)

Pos terkait