COVID-19 dan Kecemasan Akademik Peserta Didik

  • Whatsapp

Kecemasan akademik tentunya bukan suatu hal yang baik. Untuk itu perlu diminimalisir agar tidak berdampak buruk pada peserta didik. Adapun kecemasan akademik pada peserta didik dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi dan fokus yang membuat hasil prestasi peserta didik rendah.

Pembelajaran daring di rumah baiknya tidak dilaksanakan sama dengan di kelas dengan penugasan-penugasan seperti harus mengerjakan puluhan soal, meresume beberapa lembar materi dan lainnya. Beberapa hal tersebut bisa diganti dengan hal yang lebih menarik dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Singkatnya penerapan ilmu yang telah dipelajari di sekolah seperti merawat tanaman, menjaga pola hidup bersih, membuat menu makanan bergizi, membuat kerajinan, membuat media informasi pencegahan virus, dan sebagainya disesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa.

Read More

Pelaksanaan pembelajaran daring memang tidak mudah karena banyak hambatan pelaksanaannya. Apalagi hal tersebut dilaksanakan dalam situasi pandemik Covid-19. Namun, baik pemerintah maupun pendidik harus melakukan hal kreatif dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, orang tua juga harus memberikan dukungan kepada anak. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai. (***)

Related posts