Corona di Babel Bertambah 3 Kasus

  • Whatsapp

Tertular dari Dokter K-O, Ibu Hamil dan Ibunya Positif
Kesembuhan Covid-19 di Babel Tertinggi di Indonesia

PANGKALPINANG – Penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dari klaster dokter yang positif Corona, kembali bertambah 3 orang. Hingga saat ini, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Babel berjumlah 155 orang, akibat tiga pasien pendatang baru.
“Penambahan kasus ini berasal dari Kota Pangkalpinang dua orang, dan Kabupaten Bangka Tengah satu orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno.
Dua orang baru positif Corona asal Pangkalpinang ini, merupakan pasien dari Dokter K-O yang sebelumnya terkonfirmasi positif. Mereka yang keduanya adalah perempuan pernah kontak dengan sang dokter, sebelum dinyatakan positif.
Mereka adalah, L-I, 55 tahun, perempuan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) beralamat di Jalan Depati Bahrin, Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Tamansari, Kota Pangkalpinang, dan putrinya T-D-U, 22 tahun, juga perempuan. Ibu muda ini berstatus rang Tanpa Gejala (OTG), yang diketahui sedang hamil 8 bulan.
“Keduanya dari swab test pada 30 Juni 2020 dinyatakan positif Covid-19. Berdasarkan riwayat, keduanya merupakan kontak erat dengan K-0, pasien konfirmasi Covid-19. Sejak 30 Juni dirawat di RSBT Pangkalpinang,” sebut ABP sapaan Andi Budi Prayitno, Rabu (1/7/2020).
Pasien ketiganya adalah A-S, 51 tahun, laki-laki yang berstatus OTG. A-S berdomisili di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, yang berasal dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia yang merupakan oknum aparat keamanan ini dinyatakan positif Corona pada 30 Juni 2020.
“Berdasarkan riwayat, pada 19 Juni 2020, A-S melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Pangkalpinang. Sejak 30 Juni 2020 menjalani penanganan di Wisma Karantina BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tukas dia.
Tim gugus, lanjutnya, terus melakukan tracing dan epidemiologi terhadap orang-orang yang kontak dengan pasien positif ini, dengan melakukan rapid test dan pemeriksaan sampel swab.
Dengan bertambahnya tiga pasien baru terkonfirmasi Covid-19 ini, Babel mencatat 155 kasus positif Corona dengan detail sebaran di Kota Pangkalpinang sebanyak 38 kasus; Kaabupaten Bangka 57 kasus; Bangka Tengah 10 kasus; Bangka Barat 22 kasus; Bangka Selatan 9 kasus; Belitung 17 kasus; dan Kabupaten Belitung Timur tetap masih 2 kasus Covid-19 terkonfirmasi.
“Pasien yang menjalani perawatan saat ini berjumlah 19 orang, sembuh 134 orang, bertambah satu dari Kabupaten Bangka Selatan, dan meninggal dunia 2 orang,” ujarn Andi.
Sementara itu, satu pasien sembuh juga dilaporkan dari Kabupaten Belitung yakni A-I/Pasien 1124, 43 Tahun, laki-laki berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), beralamat di Jalan Kayu Manis, Air Ketekok, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung.
“Dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab test pada 9 Juni 2020, dan dari hasil swab test pada 30 Juni 2020 diperoleh hasil negatif. Pasien ini menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD dr
H Marsidi Judono, Tanjung Pandan, Belitung sejak 6 Juni 2020,” bebernya.
Dengan bertambahnya 1 (satu) orang lagi yang dinyatakan sehat, maka tingkat bebas Covid-19 atau kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung per 1 Juli 2020, adalah 87,74%, tertinggi se Indonesia.
ABP menyebutkan, akumulasi jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat 3.185 (bertambah 95) di Babel, dalam proses pemantauan 355 (berkurang 46), selesai pemantauan 2711. Untuk ODP jumlah akumulasi sebanyak 1111 (bertambah 2), dalam proses pemantauan ada 33 orang (berkurang 1), dan selesai pemantauan 1078. Sedangkan PDP terdata 132 (bertambah 1), dalam proses pengawasan 18 orang (bertambah 2), dan selesai pengawasan sebanyak 115 pasien.
Terpisah, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pangkalpinang, Dokter Masagus M. Hakim membenarkan dua perempuan warga Pangkalpinang telah terpapar Covid-19 gegara kontak dengan Dokter K-O.
Mirisnya, salah satu warga yang terpapar Corona ini perempuan muda yang sedang hamil delapan bulan, warga Kelurahan Opas Indah, bersama ibunya yakni L (55). Mereka berdua merupakan pasien Dokter KM yang terjangkit lebih dulu dan keduanya pernah kontak dengan sang dokter.
“Ada penambahan dua orang. Pasien positif berinisial L, 55 tahun, perempuan dan TDU 22 tahun, perempuan, tempat tinggal di Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Tamansari. Riwayat kedua pasien tersebut melakukan kontak dengan pasien KM,” kata Masagus M. Hakim kepada wartawan, kemarin.
Hakim menjelaskan, pasien L masuk kategori PDP konfirmasi. Sebelumnya, pasien ini mengalami keluhan batuk, sesak nafas, dan demam. Sedangkan, pasien TDU (22) yang merupakan anak dari pasien L, diakui kondisinya sedang hamil 8 bulan.
“Kedua pasien sudah dikarantina pada tanggal 30 Juni 2020, dan dirawat di Ruang Isolasi Covid-19 RSBT Kota Pangkalpinang,” jelasnya.
Menurutnya, dari 38 orang positif terpapar Corona, 32 diantaranya dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia serta menyisakan 5 pasien positif dalam proses penanganan penyembuhan. (nov/rls/bum/1)

Baca Lainnya

Related posts