Cewek Usia 22 Tahun Positif Covid-19, Diduga Tertular dari PDP 034

  • Whatsapp
Bupati Belitung, Sahani Saleh. (Foto: Dodi Iskandar)

RAKYATPOS.COM, TANJUNGPANDAN – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus bertambah. Setelah dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkonfirmasi Covid-19, kini muncul lagi satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) dinyatakan positif terpapar virus Corona. Sehingga saat ini Belitung mencatat sudah tiga orang warga terinfeksi virus asal Wuhan, China ini.

Bupati Belitung Sahani Saleh, dalam press release yang dikeluarkan Kamis sore (15/04/2020) menyebutkan, hasil dari Puslitbangkes Biomedis Kemenkes RI menyatakan sample swab pasien dengan nomor 440, perempuan berusia 22 tahun yang sebelumnya ODP dan telah ditingkatkan menjadi PDP, dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

“Diinformasikan bahwa Bangka Belitung ada penambahan kasus baru pasien positif Covid 19. Yaitu pasien dari Kabupaten Belitung,” ujar Sanem sapaan Sahani Saleh.

Bupati menjelaskan, PDP dengan nomor 440 tersebut pernah dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil Non Reaktif (NR) pada tanggal 1 April 2020 ketika berstatus ODP.

Baca Lainnya

“Pemeriksaan rapid test kedua ada tanggal 11 April 2020 dengan hasil Reaktif, dengan itu diputuskan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pada tanggal 12 April 2020, kemudian dikirimkan pada tanggal 13 April 2020 dan hasilnya positif,” ujarnya.

Pasien nomor 440 ini wanita yang merupakan hasil tracking pasien pertama positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, yaitu pasien nomor 034. Namun tidak djelaskan hubungan kedua pasien ini dalam sehari-hari sehingga saling kontak dan tertular.

Selain itu, Sanem juga mengungkapkan hasil pemeriksaan sampel swab dari 13 spesimen swab tenggorokan dan sembilan sampel swab pasien yang dikirimkan pada tanggal 13 April 2020 lalu.

“Pasien 034 positif Covid 19 hasilnya positif. Pasien 211 positif Covid 19 hasilnya negatif, dan 7 pasien ODP dan PDP hasilnya negatif,” ungkapnya.

Setelah ini, Tim Gugus Tugas Covid 19 Rumah Sakit Marsidi Judono Kabupaten Belitung menurutnya, akan kembali mengirimkan 9 spesimen swab tenggorokan milik tiga pasien positif Covid dan tujuh pasien ODP.

“Tim Gugus Tugas Covid 19 Rumah Sakit Marsidi Judono akan kembali mengirimkan 9 spesimen swab tenggorokan tersebut ke Puslitbangkes Biomedis dan Teknologis Dasar Kesehatan Kemenkes RI untuk dilakukan pemeriksaan PCR,” ucapnya.

Dia berharap, Kabupaten Belitung tidak ada penambahan positif Covid 19 lagi setelah ini. Dan bupati meminta agar masyarakat tetap tenang serta waspada, juga dapat menjalankan intruksi pemerintah pusat ataupun daerah.

“Semoga tidak ada lagi penambahan pasien positif Covid 19 di Kabupaten Belitung. Masyarakat harap tenang, tidak panik dan tetap waspada. Patuhi intruksi pemerintah pusat dan daerah serta jalankan protokol kesehatan sebagai upaya kita memutus rantai penyebaran Covid 19 ini,” pungkas Sanem. (dod/1)

Related posts